Benteng Perlu Program Lingkungan Sehat

Benteng Perlu Program Lingkungan Sehat

BENTENG, BE - Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melalui Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), merancang program penyehatan lingkungan. Tujuannya untuk mewujudkan mutu lingkungan hidup yanglebih sehat pada masyarakat.

Hal ini disampaikan Kadis Kesehatan Benteng, I Putu Sura Artika SKM,MM melalui Kasi P2PL, Maridon Samosir, SKM kemarin,\"Adapun kegiatan pokok yang akan dilaksanakan meliputi, penyediaan sarana air bersih dan sanitasi dasar, pemeliharaan dan pengawasan kualitas lingkungan dan pengendalian dampak risiko lingkungan serta pengembangan wilayah sehat.\"

Pencapaian tujuan penyehatan lingkungan memerlukan akumulasi pelaksana kegiatan dari berbagai sektor, peran swasta dan masyarakat. Kegiatan tersebut berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Intinya untuk menciptakan lingkungan yang sehat, tidak hanya berdiri dan berjalan sendiri. Hal itu harus dilaksanakan dengan minta bantuan serta dukungan-dukungan dari berbagai sektor, salah satunya masyarakat dan swasta yang ada di Benteng.

Ditambahkannya, untuk strategi pelaksanaan diantaranya meliputi penerapan pendekatan tanggap kebutuhan, peningkatan sumber daya manusia, kampanye kesadaran masyarakat. Lalu, penguatan sistem monitoring semua tingkatan proses pelaksanaan menjadi acuan pola air bersih dan sanitasi.

\"Pencapaian akses air bersih dan sanitasi akan kita perkuatkan dengan penyehatan air bersih, pengendalian dampak limbah, serta penyehatan sanitasi makanan yang dikonsumsikan,\" tambah Maridon.

Lebihlanjut dikatakannya, kajian aspek kesehatan masyarakat di Benteng akan dikaji secara cermat dan mendalam, dengan metode pendekatan analisis dampak kesehatan lingkungan (ADKL) dan metode epidemiologi. Dimana Metode analisis dampak kesehatan lingkungan (ADKL) ini dapat dipergunakan untuk identifikasi dampak potensial dari suatu hubungan antara parameter lingkungan, media lingkungan, penduduk yang terpajang dan dampaknya terhadap kesehatan.(111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: