RSUD Janji Penuhi Obat BPJS

RSUD Janji Penuhi Obat BPJS

\"Wakil

SELUMA TIMUR, BE - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  sudah menanggung semua biaya termasuk penginapan bagi seluruh peserta BPJS kesehatan. Terkait hal ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tais siap untuk menyediakan obat penuh bagi pasien BPJS di wilayah Kabupaten Seluma.

“Ini sudah menjadi aturan, sehingga seluruh kebutuhan obat-obatan akan dipenuhi RSUD Tais,” tegas Direktur RSUD Tais drg Adifitridi siang kemarin saat mendapatkan kunjungan dari Wabup Seluma Drs Suparto MSi.

Disampaikannya, selain sudah menjadi kewajiban dalam memenuhi kebutuhan pasien, RSUD Tais juga dipastikan tidak akan meminta biaya lagi setiap pasien BPJS mendapatkan perawatan di RSUD Tais. Karena memag selain biaya penginapan yang ditanggung, saat ini juga masalah kebutuhan seluruh obat pasien juga disediakan oleh apotek di RSUD Tais.

“Jika memang stok obat di apotek BPJS kosong saat ada pasien BPJS yang membutuhkan obat, maka RSUD yang akan mencarikan obat tersebut keluar. Tidak akan membebankan keluarga pasien yang sedang berobat,” tegasnya.

Sebelumnya, Waka I DPRD Seluma Ulil Umidi SSos MSi telah menyampaikan hasil kunjungan kerja (kunker) DPRD Seluma ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) oleh DPRD Seluma beberapa waktu lalu. BPJS menegaskan pasien yang termasuk dalam BPJS tidak boleh atau tidak dibenarkan membeli obat keluar dari rumah Sakit. Jika ditemukan pasien BPJS Kesehatan disuruh untuk membeli obat diminta agar melapor ke DPRD Seluma.

“Saya harap jika diberlakukan membeli obat keluar laporkan ke DPRD Seluma sehingga bisa ditindak,” bebernya. Layani Rawat Jalan Selain itu, manajemen RSUD juga berupaya memberikan peningkatan pelayanan bagi pasiennya. Dengan mendirikan perawatan jalan bagi sejumlah pasien. Mengingat sejumlah dokter spesialis telah bergabung di RSUD Tais.

“Sejumlah penyakit tidak perlu lagi dirujuk ke RSUD M Yunus, mengingat dokter telah ada di Seluma,” sampai Direktur RSUD Tais Drg Adifitridin kepada BE kemarin.

Pelayanan yang telah bisa didapatkan di RSUD Tais diantaranya, poli anak-anak, poli penyakit dalam, poli telinga hidung tenggorokan (THT), dan anastasi. Seluruh warga yang hendak pelakukan pengobatan sudah bisa dilakukan di RSUD Tais. Kapan pun warga bisa melakukan pengobatan. Terkecuali khusus bagi dokter bedah masih belum ada, namun ditargetkan agustus mendatang dokterbedah telah ada di Seluma.

“Jika peralatan bertahap akan dilengkapi, termasuk ruang pelayanan poli anak, poli penyakit dalam, poli THT dan anastasi tahun ini juga akan dibangun,” sambungnya.

Secara khusus, Adifitridin kepada BE menerangkan, pembangunan pelayanan ini dilakukan tidak lain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Seluma sehingga masyarakat tidak diperlukan lagi untuk jauh-jauh berobat hingga ke Bengkulu. Bahkan seluruh warga sudah bisa melakukan pengobatan di RSUD Tais setiap harinya.

“Pelayanan terus dilakukan terutama pengobatan kepada warga mengingat dokter spesialis telaha ada. Sembari pembangunan akan dilakukan beberapa bulan kedepan,” sambungnya.

Salah seorang dokter spesialis anak yang bertugas di RSUD Tais Dr Titi Pambudi K menegaskan, terhitung dari bulan Februari ia bertugas, sejauh ini pasien anak yang harus diobati masih banyak.

Kedepan khusus untuk poli anak juga akan melayani masyarakat dalam poli laktasi dan konseling masalah menyusui, iimunisasi non program, tes tuberkulin, deteksi penyimpangan tumbuh kembang, gangguan emosional, autis. Fisioterapi dan terapi wicara. Termasuk juga bagi konsultasi gizi dan masalah makan. Begitu juga pada pelayanan tranfusi darah bagi warga Seluma.

“Pelayanannya akan dilakukan setiap hari di RSUD Tais tanpa dipungut biaya melainkan gratis,”tegasnya. (333)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: