Desa Terpencil Diberi Mobil

Desa Terpencil Diberi Mobil

\"mobil_dinas-01\"

TAIS, BE -Tahun 2016 ini, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dishubkominfo) Kabupaten Seluma kembali memberikan mobil operasional yang diperuntukan bagi desa terpencil. Jumlahnya sebanyak 22 unit dengan anggaran sebesar Rp 250 Juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian dalam Negeri (Kemendagri).

“Anggarannya telah jauh menurun, hanya saja untuk tahun 2016 ini kendaraan yang akan di beli jenis Suzuki Carry sesuai dengan petunjuk dari Kemendagri,” tegas Kadishubkominfo Seluma, Syaiful Anwar MPd kepada Bengkulu Ekpress, kemarin.

Syaiful menambahkan, untuk pembelian mobil operasional desa terpencil mengacu pada petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis(juknis) dari Kemendagri.

“Diperkirakan pertengahan tahun ini kendaraan tersebut telah sampai dan akan disalurkan ke desa- desa pedalaman,”sampainya.

Dibeberkannya, saat ini Dishubkominfo sudah menyalurkan kendaraan oprasional desa dari Kemendagri sebanyak 64 unit. Dengan rincian tahun 2013 sebanyak 15 unit, tahun 2014 sebanyak 22 unit, tahun 2015 sebanyak 22 unit. Sedangkan di tahun 2010 sebanyak 6 unit serta di tahun 2011 sebanyak 6 unit. Namun beberapa kendaraan yang sudah disalurkan masih dipergunakan oleh desa pedalaman. Bahkan satu kendaraan dianataranya, tidak dipergunakan kades lagi lantaran mengalami kerusakan berat sehingga dipinjampakaikan ke SKPD.

“Kendaraan yang ada dan telah dipergunakan harus dirawat dan dipelihara oleh kades penerima. Bahkan bertangung jawab untuk memeliharanya.”ujarnya.

Namun bagi kades yang tidak bisa memelihara dan merawat sebaiknya bisa melaporkan ke Dishubkominfo agar bisa dipergunakan oleh desa yang jauh berada di perdalaman. Hanya saja, Syaiful enggan menerima kendaraan yang dikembalikan dalam keadaan rusak.

“Sebelum rusak dan tidak bisa merawat, maka kembalikan sehingga bisa disalurkan ke desa lainnya. Mengingat desa lainnya sangat membutuhkan,”sampainya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: