5 Warga Seluma Terjangkit DBD

5 Warga Seluma Terjangkit DBD

TAIS, BE- Diawal tahun 2013 ini sedikitnya 5  warga kabupaten Seluma telah terjangkit DBD (Deman Berdarah Dengue) yang disebabkan nyamuk Aidesagepty.   Mereka adalah warga 1 warga Tais, 2 orang Warga Kayu Arang dan 2 orang Warga Tumbukan.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma  Yansyah Nawawi Mkes didampingi Kabid Pengendalian Penyakit dan penyehatan Lingkungan Moh Gazali MSC, kepada BE kemarin diruang kerjanya membenarkan informasi tersebut. “Hingga pertengahan Januari ini saja sudah 5 warga Seluma yang terserang DBD. Kejadian ini mengingat kondisi saat ini telah musim penghujan,”terangnya
Disampaikan jika,  tahun 2012 lalu jumlah warga Seluma yang terjangkit DBD  32 orang. Pola penyebaran DBD melalui gigitan nyamuk aidesagepty  yang kemudian mengalami demam yang cukup tinggi. Kebanyakan warga Kota Seluma yang tinggal di kota luar terjangkit DBD ini. Setelah sakit  warga Seluma ini pulang atau bekerja di Seluma, Hal ini yang kemudian menyebabkan virus DBD menyebar  di Seluma  padahal lokasi warga yang sakit ini pertama kali terjangkit di luar Seluma.
Adapun sejumlah penyebab erkembang biaknya nyamuk Aidesagepty ini melalui  air yang tergenang, baik itu melalui sumur, Sejumlah akleng bekas yang terdapat airnya. Sehingga warga diminta untuk menjaga 3 M(Menguras sumur, Menutup dan mengubur) serta menggunakan kelambu serta menghidupkan racun nyamuk melalui obat nyamuk. “Dengan memperhatikan lingkungan  serta kebersihan maka kita akan terhindar dari DBD ini. Serata selalu waspada akan musim penghujan ini,”terangnya ditambahkan jika musim penghujan merupakan musimnya nyamuk Aidesagety berkembang biak.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: