Toyota All New Sienta; Tampil Perdana di IIMS 2016

Toyota All New Sienta; Tampil Perdana di IIMS 2016

 \"7\" Sienta untuk Si Cinta

Toyota Sienta diklaim salah satu model terfavorit di Jepang akhirnya diluncurkan pada IIMS 2016, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/4/2016). Sienta dipasarkan Toyota sebenarnya merupakan generasi kedua dari pendahulunya (generasi pertama) yang hanya dipasarkan di Jepang. IYUD DWI MURSITO - JAKARTA

DUA sosok ambassador memiliki aktivitas padat namun tetap mengedepankan karakter stylish dan modern; yaitu Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan, mempertegas karakter All New Sienta sebagai kendaraan Multi Activity Vehicle. \"Bagi saya, (Toyota) Sienta untuk Si cinta\", ujar Rio Dewanto di ruang pamer Toyota Sienta pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis (7/4).

Aktivitas Rio dan Atiqah yang begitu padat menuntut akan kendaraan yang nyaman untuk menunjang mobilitas, sehingga membutuhkan sebuah kendaraan yang tidak hanya stylish tapi juga dapat mendukung aktivitas mereka sebagai public figure, yang sesuai dengan karakter All New Sienta.

\"Pokoknya selalu ada kejutan baru dari Toyota sesuai dengan Lets Go Beyond,\" kata Rio dan Atiqah, yang memiliki aktivitas padat tentunya membutuhkan kendaraan yang tidak sekadar bergaya modern, namun juga nyaman serta menunjang segala mobilitas harian sebagai publik figur.

Rio secara terang-terangan menyukai fitur power sliding door yang memudahkannya membuka pintu penumpang atau baris kedua hanya dengan menekan kenop pintu.

\"Ini yang saya suka, praktis,\" kata Rio kemudian menekan tombol kenop untuk membuka pintu dan tertutup otomatis.

Selain Rio, Atiqah juga mencoba duduk di balik kemudi sambil bersandar kemudian menyatakan bahwa ia tertarik segera mencoba Sienta.

\"Kami sudah memperkenalkan fitur-fitur Sienta, habis ini saya mau coba jalan-jalan sama Rio. Semoga yang lain juga bisa menikmati fitur-fiturnya Sienta,\" kata Atiqah.

Toyota Sienta merupakan mobil 7 penumpang yang memiliki desain modern dan berbeda dengan MPV 7 penumpang lainnya. Indonesia dipercaya untuk memproduksi Toyota Sienta pertama kalinya di luar Jepang.

Tujuh Hiburan President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Hiroyuki Fukui, menjelaskan, Sienta merupakan kombinasi dari bahasa Spanyol “siete” yang artinya tujuh dan kata dalam bahasa Inggris-nya “entertain” atau hiburan. “Sienta adalah kendaraan multi activity Toyota, di mana multi activity vehicle adalah sebuah konsep baru dari kendaraan Toyota.

Toyota membuka pintu bagi pelanggan Toyota ke berbagai aktivitas hidup dengan fungsionalitas yang baik,” ujar Fukui dalam sambutannya di IIMS 2016, Kamis (7/4/2016).

Meski namanya tetap sama seperti di negara lain, namun beberapa spesifikasi disesuaikan permintaan masyarakat di Tanah Air. Aero kit-nya didesain oleh desainer lokal, bahkan pengembangannya dilakukan cukup lama agar sesuai dengan tujuannya.

Sienta sendiri secara resmi mulai diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Karawang, Jawa Barat akhir Juni dan didistribusikan satu bulan setelahnya. “Namun, konsumen sudah bisa memesannya di IIMS 2016 dengan harga dimulai Rp 230 juta hingga Rp 295 juta,” kata Fukui.

Chief Engineer Sienta Hiroshi Kayukawa, menuturkan, desain MPV dengan power sliding door itu mengusung tema \"Urban Trekking Shoes\" yang memiliki karakter fungsional. Umumnya memiliki tampilan seperti mobil niaga.

Namun berbeda dengan Sienta, karena desainnya menimbulkan gaya hidup aktif serta modern.

Sienta juga menawarkan life style yang unik serta teknologi tinggi sehingga cocok untuk kebutuhan market di Indonesia yang semakin berkembang. Selain eksteriornya yang lebih stylish dan modern, Sienta merupakan mobil dengan performa yang baik dan mampu memberikan kenyamanan berkendara.

\"Sienta adalah yang terbaik di kelasnya dalam hal noise, vibration, ride comfort, handling stability, dan brake performance untuk di kelasnya. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi CVT 7 speed transmission yang juga pertama di kelasnya. Dilengkapi power sliding door dan dive-in seat, Sienta menawarkan desain yang stylish dan kenyamanan berkelas bagi penggunanya,\" tuturnya.

Sienta yang hadir dalam 4 grade yaitu E, G, V, dan Q akan menyandang mesin teknologi baru NR Engine yang juga merupakan generasi terbaru engine modern yang dibuat oleh anak bangsa

NR Engine menggunakan bahan alloy sebagai salah satu material utamanya, yang membuat mesin ini menjadi sangat ringan. Selain itu, NR Engine pada Toyota Sienta juga dibekali teknologi Dual VVT-i yang canggih, membuat mesinnya memiliki kombinasi yang apik antara tenaga dan efisiensi, serta ramah lingkungan.

Engine Sienta diproduksi secara lokal di Indonesia di TMMIN Karawang Plant 3 yang baru diresmikan pada 7 Maret 2016. Pabrik ini merupakan salah satu pabrik engine paling canggih milik Toyota di dunia.

Toyota Sienta dikembangkan sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Beberapa spesifikasi pun disesuaikan dengan kondisi geografis di Indonesia. Salah satunya, ground clearance yang dibuat lebih tinggi menjadi 170mm atau 25mm lebih tinggi dari ground clearance Toyota Sienta di Jepang.

Ayo, Segera Pesan! Vehicle Non-Commercial Manager, Agung Toyota, Ihsan Hafirudin, mengatakan masyarakat Bengkulu sudah bisa memesan Toyota All New Sienta di Agung Toyota Bengkulu. \"Cukup membayar uang tanda jadi mulai Rp 5 juta,\" ujarnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: