Ratusan TNI Tes Narkoba

Ratusan TNI Tes Narkoba

 \"TNI\"

BENGKULU, BE - Korem 041 Garuda Emas Bengkulu secara mendadak melaksanakan tes narkoba melalui urine usai upacara di Makorem pagi kemarin (28/30. Tes urine yang dipimpin Kasrem, Letkol Kav M Jaelani itu diikuti sedikitnya 184 TNI yang terdiri Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem mengikuti tes urine yang dilaksanakan di pos pintu keluar halaman Makorem.

\"Kita sengaja memanggil BNNP, BPOM dan Dinkes untuk melakukan tes narkoba pagi ini. Tes ini dilakukan secara mendadak untuk mengetahui ada atau tidaknya keterlibatan anggota menyalahgunakan Narkoba,\" kata Kasrem.

Seluruh TNI dan PNS di Korem sendiri 300 orang lebih, Jaelani memastikan akan melakukan tes yang sama terhadap personel yang belum mengikuti tes urine tersebut. Pemeriksaan juga akan dilakukan secara mendadak untuk mengindari ada kebocoran.

\"Yang belum itu, nanti akan menyusul, waktunya kita rahasiakan agar hasilnya bisa maksimal,\" imbuhnya.

Bila terbukti menggunakan barang harap tersebut, Jaelani mengaku bahwa pihaknya akan langsung menindaklanjutinya sesuai dengan pakta integritas yang sudah ditandangani sebelumnya. Yakni akan diproses secara hukum dan langsung diberhentikan dari keanggotan TNI.

\"Kita tidak mau tahu apakah yang bersangkutan hanya sebagai pengguna atau sebagai pengedar. Yang pasti, bila sudah terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, maka akan ditindak tegas,\" terangnya.

Menurut Kasrem, ketegasan tersebut memang harus ditegakkan, mengingat TNI adalah orang sebagai pihak yang paling bertanggungjawab menjaga keutuhan NKRI ini harus mampu mencari teladan atau pelindung bagi masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan tidak melanggar aturan yang berlaku.

\"Kita hampir setiap kesempatan memberikan penyuluhan kepada anggota dan PNS untuk menjauhi narkoba, baik diri sendiri dan keluarganya. Selain itu, mereka juga dituntut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya. Makanya jika mereka terlibat, tidak ada ampun sanksi tegas langsung diterapkan,\" jelasnya. Hanya saja dari tes tersebut tidak ditemukan adanya personel TNI dan PNS Korem yang menggunakan narkoba. Semuanya hasilnya negatif. (400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: