69 Siswa SMKN 4 Kelautan Kuar Praktek Kerja Ke Bali

69 Siswa SMKN 4 Kelautan Kuar Praktek Kerja Ke Bali

BINTUHAN, BE- Sebanyak 96 orang siswa SMKN 4 Kelautan Kaur mengikuti magang atau Praktek Kerja dan Industri (Prakin) diluar daerah. Kemarin pihak Dispenbud Kaur dan sekolah dan keluarga besar melepaskan siswa kelas II sebanyak 69 orang, dari jumlah tersebut mereka dibagi 3 jurusan yakni Nautika Perikanan Laut (NPL) sebanyak 20 orang, mereka akan prakin menuju bali ke Pelayaran Provinsi Bali, 6 Orang siswanya lainya Ke Bengkulu.

Kemudian jurusan Teknik Budi Daya Perikanan (TBP) sebanyak 30 orang siswa. Mereka dibagi dua prakin untuk 9 orang prakin ke BBI Suka Bumi Provinsi Jawa Barat, sedangkan 21 siswa ke Balai Benih Ikan (BBI) Suku Tiga, Nasal. Lalu jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) jumlahnya 12 siswa prakin ke Bengkulu.

\"Kita sudah memberangkat siswa untuk mengikuti Praktek Tenaga Kerja dan Industri selama 3 bulan lamanya, yakni mulai 13 Januari-13 April mendatang, guna prakin tersebut untuk mengasah keahlian setelah menerima materi dari sekolahnya, makanya selama 3 bulan mereka akan digembleng dilapangan,\" ujar Kadispenbud Kaur M Daud Abdullah SPd, kemarin.

Menurut Daud, sebenarnya penentuan lokasi Prakin tergantung siswa yang menginginkan, namun sebelumnya pihak Dinas dan sekolah memberikan tempat lokasi. Seperti jurusan NPL lokasinya ada dua yakni di pelayaran Bali dan pelayaran Bengkulu. Disana murid boleh menentukan pilihan dan juga di sesuaikan dengan anggaran yang ada. \"Setelah didata ternyata banyak yang memilih ke Bali di banding daera hlainya, karena pelayaran di Bali sudah masuk dalam lokasi Internasional, sehingga ada kelebihan dalam keilmuan yang banyak didapat oleh siswa yang mengikuti Prakin ke Bali,\" jelasnya.

Biaya yang ditanggung oleh Siswa, memang cukup besar yakni sekitar Rp 5 juta, selain transportasi dan biaya hidup. Biaya tersebut untuk proses belajar mengajar, kemudian juga ujian sekolah dilakukan ditempat Prakin nantinya. \"Selain itu juga siswa akan mendapatkan sertifikat dari tempat lokasi dimana tempat magang, yang jelas lokasi di Bali tidak mengecewakan karena jika lulus siapa yang terbaik bisa langsung kerja,\" jelasnya.

Disisi lain, urusan TBP terebagi atas dua lokasi yakni BBI Suka Bumi Jabar dan juga BBI Nasal bengkulu. Untuk biaya memang lebih kecil dibanding dengan prakin ke Bali yakni Rp 4 juta, namun BBI Suka Bumi merupakan BBI terbesar se Indonesai. Sehingga ada siswa disana nanti bisa menambah wawasan serta kemungkinan jika siswa lulus ada yang minta ke BBI Suka Bumi, akan diterima mengingat sudah pernah magang.

\"Makanya magang tersebut memang sudah pilihan siswa, karena fasilitas lokasi prakin sangat menjanjikan masa depan siswa sesui jurusanya,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: