Dongkrak Minat Baca Siswa

Dongkrak Minat Baca Siswa

BINTUHAN, BE - Para guru diminta berperan untuk menanamkan minat baca siswa SD hingga SMA. Hal itu harus dilakukan guna mendongkrak minat baca masyarakat Kabupaten Kaur yang masih rendah.

Sebab, minat baca masyarakat Kaur masih rendah. Oleh karena itu peran guru sangat besar untuk mendongkrak minat baca masyarakat yang masih rendah tersebut.

“Karena peran guru untuk memajukan minat baca siswa ini sangat penting, karena dengan dibiasakan membaca siswa tersebut akan semakin pintar,”kata Kadispendik Kaur M Daud Abdullah Spd.

Daud mengatakan, tugas guru dapat menanamkan minat baca siswa dengan memberikan tugas-tugas ringan, Misalnya, tugas meringkas isi buku saat di sekolah, guru sering memberikan tugas agar meringkas isi sebuah buku. Kemudian akhirnya tugas tersebut memaksa siswa untuk membuka dan membaca buku yang akan diringkas sesuai tugas guru. Oleh karena itu minat baca setiap siswa itu tanggung jawab setiap guru sebagai pendidik. Jika membaca menjadi kebiasaan, maka membaca itu pun akan menjadi budaya.

\"Untuk itu para guru juga menekankan pentingnya membaca, mengingat kabupaten Kaur ini masih banyak yang tidak bisa membaca,\"terangnya.

Ditambahkannya, dalam menerapkan kedisiplinan siswa yang mulai marak bolos, oleh karena itu meminta sekolah harus memberikan sanksi kepada pelajar yang keluyuran pada jam sekolah. sehingga pelajar tidak lagi membolos saat jam pelajaran berlangsung. Sekolah harus tegas terhadap siswa yang membandel dengan memberikan sanksi yang sifatnya mendidik.

\"Intinya orangtua dan sekolah harus kompak dan beriringan dalam memantau perilaku anak, baik selama di sekolah dan di luar sekolah,”jelasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: