Banjir dan Longsor Mengancam

Banjir dan Longsor Mengancam

\"LONGSOR

BINTUHAN,BE - Bencana alam banjir dan tanah longsor masih menjadi ancaman bagi warga Kabupaten Kaur. Sebab, musim hujan di daerah tersebut kerap terjadi beberapa hari terakhir ini. Oleh sebab itu warga diingatkan untuk selalu waspada.

“Potensi hujan yang tinggi ini berpeluang terjadinya akan bencana alam susulan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur, Dihan Bastari MPd beberapa hari lalu.

Dikatakannya, jika hujan malam dan warga kurang waspada, ini yang membuat upaya antisipasi saat bencana terjadi kurang maksimal. Terlebih warga yang tinggal di titik rawan banjir, seperti di Kecamatan Kinal, Muara Sahung dan lainnya.

“Kalau warga sekitar saya, yakin mereka sudah mulai siaga. Juga kalau hujan lama akan mengungsi ke tempat yang aman,” ujarnya.

Lanjutnya, selain banjir dan longsor, warga juga patut waspada angin puting beliung yang rawan terjadi di daerah pesisir. Seperti beberapa waktu lalu, dimana puluhan rumah warga Kaur diterjang angin puting beliung. Namun, beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

“Selain longsor dan banjir kita imbau kepada masyarakat tetap waspada dengan bencana lainnya, karena sekarang ini cuaca sedang buruk,” ujarnya.

Ditambahkannya, dengan kondisi cuaca saat ini tidak jarang, tanah yang berada di lokasi tebing kerap berakhir longsor, dan titik rawan longsor lihat grafis dibawa. Dalam upaya mengantisipasi kemungkinan terjadi longsor, Dinas Pekerjaan Umum (PU) bersama BPBD Kaur telah menyiagakan alat berat. Alat berat selalu siap berangkat jika sewaktu-waktu terjadi tanah longsor atau pun jalan tertimbun akibat tanah longsor.

“Setiap ada kejadian longsor alat berat akan langsung diterjunkan, sehingga informasi dari masyarakat sangat dibutuhkan agar penanganan bisa langsung dilakukan,”jelasnya. (618)

Titik-titik rawan longsor dan banjir untuk wilayah Kabupaten Kaur Wilayah Rawan Banjir

1. Kecamatan Kaur Selatan 7 titik 2. Kecamatan Muara Sahung 2 titik 3. Kecamatan Luas 2 titik 4. Kecamatan Nasal 4 titik 5. Kecamatan Kinal 2 titik 6. Kecamatan Semidang Gumay 2 titik 7. Kecamatan Pagulir 1 titik dan 8. Kecamatan Maje 1 titik

Wilayah Rawan Longsor

1. Kecamatan Tanjung Kemuning 1 titik di wilayah Desa Seranjangan 2. Kecamatan Semidang Gumay 3 titik di Desa Awet Mate, Karang Dapo da Bunga Melur 3. Kecamatan Kinal di Desa Gedung Wani 4. Kecamatan Luas 1 titik Desa Tuguk 5. Kecamatan Muara Sahung 1 titik 6. Kecamatan Tanjung Iman 2 titik di tebing desa Tanjung Iman dan 7. Kecamatan Nasal 1 Titik di Tebing Rambutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: