Hujan dan Badai, Nelayan Pilih Tidak Melaut

Hujan dan Badai, Nelayan Pilih Tidak Melaut

Hujan lebat yang disertai badai tak hanya berdampak pada robohnya pohon, baliho dan sejenisnya. Namun, juga sangat berdampak buruk terhadap para nelayan.

Mereka tidak bisa turun ke laut mencari ikan. Karena badai membuat angin laut begitu tinggi. Ombak yang kencang dan tinggi sangat berbahaya bagi nelayan, bila mereka memaksakan diri turun ke laut. Sementara kebutuhan hidup sehari - hari keluarganya, yang membutuhkan biaya besar harus dipenuhi para nelayan. Hal inilah yang tengah menimpa sebagai masyarakat di Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa. Sudah sejak seminggu lalu, kapal yang sehari - harinya berlayar ke laut, terpaksa ditambatkan.

Menurut kepala desa Pasar Pedati, Rohaya, warganya tidak berani melaut karena terlalu besar resikonya. Jika kurang berhati - hati maka nyawa menjadi taruhannya. Namun, oleh warga setempat musim badai terkadang disiasati dengan melakukan pekerjaan lain atau sambilan, seperti mengojek, berjualan dan lainnya.

\'\'Mayoritas masyarakat di sini bermata pencaharian sebagai nelayan. Warga sering mensiati, jika badai kerja lain seperti tukang ojek, kuli bangunan, jualan dan lainnya,\" terangnya. (111)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: