DPRD: Eksekutif Lambat, Pembahasan APBD BU Molor

DPRD: Eksekutif Lambat, Pembahasan APBD BU Molor

ARGA MAKMUR, BE - Pembahasan APBD tahun 2013 belum dapat diselenggarakan akibat molornya jadwal. Padahal semestinya APBD itu seharusnya disahkan bulan Desember 2012 lalu. Wakil Ketua II DPRD BU, Sasmidi, SE, MM mengungkapkan, kemunduran jadwal tersebut terjadi karena adanya proses verifikasi tim anggaran pemerintah yang belum siap sehingga belum dapat disampaikan ke DPRD.

\"Saat ini masih tahap verifikasi, memang target kita Desember sudah dapat ketuk palu. Namun ternyata belum juga, ini tidak terlepas dari keterlambatan dari pihak eksekutif yang  kami nilai tidak siap,\" kata Sasmidi.

Permasalahan keterlambatan dan verifikasi tersebut dikarenakan ketidakjelasan pada DAK dan DAU yang diterima oleh Bengkulu Utara. Selain itu ada anggaran APBD 2012 yang belum dibelanjakan sehingga masih banyak proyek yang dibiayai oleh APBD 2012 belum tuntas dan beberapa proyek yang masih berjalan. \"Ya, sudah tentu hal tersebut menyulitkan bagian keuangan untuk mendapatkan silpa (selisih penggunaan anggaran) yang sebenarnya,\" terangnya.

Terkait kondisi ini, Permasalahan tersebut dapat dijadikan pembelajaran dari eksekutif dan pihak-pihak lainnya agar tidak terulang lagi dikemudian hari. \"Jika sampai akhir Januari ini belum disahkan. Ancaman penalti 20% dari total anggaran akan diterima pemerintah daerah,\" jelasnya.

Sementara itu, Bupati Dr Ir H M Imron Rosyadi MM MSi saat dikonfirmasi usai membuka acara orientasi kepramukaan Kepsek se-BU di SKB, (Sabtu, 12/1) lalu mengungkapkan, saat ini hal tersebut masih dalam tahap verifikasi, namun menurutnya akan mengusahakan agar dapat cepat terlaksana, dan pemotongan belum berlaku yang diberikan batasan waktu hingga akhir Januari mendatang, \"Yang jelas belum ada keterlambatan, dengan adanya waktu yang masih ada kita akan laksanakan sesegera mungkin, namun persiapan memang harus disiapkan secara matang,\" ujarnya. (117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: