42 KM Jalan Provinsi di Benteng Rusak Berat

42 KM Jalan Provinsi di Benteng Rusak Berat

 \"SERAHKAN,.\" BENTENG, BE - Sepanjang 42 kilometer jalan milik Provinsi Bengkulu di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini kondisinya rusak berat. Bahkan ketika musim penghujan tiba seperti saat ini, ruas jalan yang melintasi sejumlah kecamatan tersebut tampak seperti kolam akibat lubang besar di atas permukaan jalan dipenuhi genangan air.

Menanggapi kondisi ini, Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH, mendesak agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) segera bertindak menyikapi hal tersebut. Sebab, selain mengganggu masyarakat yang hendak keluar dan masuk desa, akses jalan yang tidak memadai ini membuat sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) kesulitan untuk menjalankan tugas di pedalaman.

\"Saya meminta agar jalan provinsi yang rusak berat di Kabupaten Benteng ini segera disikapi untuk dilakukan perbaikan,\" pinta Bupati dalam acara musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Benteng, kemarin (22/3).

Bupati yang menyandang gelar Baginda Maharaja Sakti ini menuturkan, tergolong sebagai kabupaten baru di Provinsi Bengkulu, tentunya ini merupakan tantangan bagi kepala daerah untuk menjadikan kabupaten tersebut lebih berkembang.

Sebab itu, ia berharap agar Pemprov bisa mendukung seluruh kegiatan dan percepatan pembangunan di Kabupaten Benteng. \"Saya meminta agar Pemprov lebih memperhatikan Kabupaten Benteng, supaya Kabupaten Benteng secara bertahap bisa lebih baik dan tak kalah saing dengan kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu,\" tandas Bupati.

Dilokasi yang sama, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemprov, Ir Surjum Ahyam MT, tak menampik masih banyaknya kerusakan jalan provinsi yang tersebar di seluruh kabupaten. Sebab itu, melalui Musrenbang ini, Pemprov akan melakukan pengumpulan dana serta analisa guna menentukan daerah mana yang mesti mendapatkan kucuran dana terlebih dahulu.

\"Dengan keterbatsan dana yang kita miliki, perbaikan infrastruktur ini tak bisa dilakukan secara sekaligus, melainkan dengan skala prioritas. Kita harap seluruh infrastruktur jalan provinsi bisa dilakukan perbaikan secara bertahap,\" ungkap Surjum.

Jebolan Universitas Gajah Mada (UGM) ini menuturkan, ditahun 2016 ini Pemprov akan menggelontorkan dana sebesar Rp 15,633 miliar guna memperbaiki jalan Provinsi di Kabupaten Benteng yang rusak.

Diantaranya, Rp 4,867 miliar untuk pengaspalan link jalan Simpang Tugu Hiu-Simpang Kroya sepanjang 1,35 kilometer, Rp 2,897 miliar untuk link jalan Kelindang-Susup sepanjang 1,40 kilometer dan Rp 7,868 miliar untuk link jalan Lubuk Sini-Lubuk Durian sepanjang 2,250 kilometer.

Tak hanya itu, untuk mempermudah akses jalan milik provinsi, Pemprov memastikan akan kembali mengalokasikan dana melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan tahun 2016 mendatang.

\"Minimal kita akan menyiapkan Rp 300 miliar untuk infrastruktur dari APBD-P tahun 2016 ini, baik itu untuk jembatan dan jalan. Sebab itu, kita akan menentukan skala prioritas melalui Musrenbang,\" tandasnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: