Tutup Galian C

Tutup Galian C

\"kosong

BINTUHAN,BE - Sejumlah Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Kabupaten Kaur mendesak agar Pemkab Kaur, untuk melakukan langkah tegas menutup galian C ilegal di beberapa wilayah Kaur.

Sebab sampai saat ini langkah dilakukan pemerintah dalam penutupan tersebut, masih belum optimal dan masih marak terjadi.

“Kita lihat saat ini masih banyak sekali galian liar yang marak di Kaur, dan kami medesak ada tindakan tegas dari pihak pemerintah Kaur,” kata Hendri salah satu anggota LSM Kaur kemarin.

Diakui Hendri, dinas terkait sebelumnya memang telah melakukan langkah penutupan beberapa galian liar di beberapa wilayah Kabupaten Kaur ini. Namun sayang miskipun telah dilakukan penutupan, namun masih banyak penambang yang membandel.

“Seharusnya aparat terkait tegas menindak para penggali dan menutup semua galian yang ada. Kita telah rasakan dampaknya banjir dan longsor akibat galian tersebut,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan anggota LSM lain Marjon, ia menuntut tindak perusakan lingkungan yang terjadi di beberapa sungai di wilayah Kabupaten Kaur, untuk dilakukan penindakan tegas.

“Kalau tidak segera ditindak lanjut oleh pemerintah daerah, ini tentu akan semakin merusak lingkungan. Jangan sampai nanti sudah semakin parah,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kaur Anuar Sanusi S Pd, berjanji akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Langkah koordinasi dilakukan untuk menentukan langkah-langkah dalam penyelesaian masalah maraknya penambangan liar ini.

“Kalau penambang dilakukan secara legal tentutu akan kita tindak tegas, bila menemukan ada atifitas penambang segera,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: