TNI Terima Catam Prajurit Karir

TNI Terima Catam  Prajurit Karir

BENGKULU, BE - Kepala Penerangan (Kapen) Korem 041 Gamas Bengkulu Mayor Inf Onsonuni, didampingi Kepala Ajenrem 041/Gamas Mayor Caj Wardianto mengatakan, Mabes TNI AD memberi kesempatan kepada para pemuda untuk menjadi Tamtama Prajurit Karir TNI AD Tahun 2013. Pendaftaran dimulai tanggal 14 Januari-25 Januari 2013, pada hari kerja di Ajenrem 041/Gamas Bengkulu Jalan Pembangunan No. 3 Padang Harapan, untuk pelamar berasal dari Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah.

Kodim 0408/BS di Manna untuk pelamar yang berasal dari Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dan Kabupaten Kaur. Kodim 0409/RL di Curup untuk pelamar yang berasal dari daerah Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong. Kodim 0423/BU di Arga Makmur untuk pelamar yang berasal dari Kabupaten Bengkulu Utara dan Mukomuko. Kodim 0425/Seluma di Tais untuk pelamar dari Kabupaten Seluma.

\"Juga mendaftar melalui alamat website https://rekruitmen-tni.ilmci.com. Kemudian calon datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan fotocopy masing-masing satu lembar yang telah dilegalisir,\" katanya.

Selain itu, Kartu Kewarganegaraan (bagi keturunan WNA), ijazah dan SKHU SD, SMP serta SMA, KTP calon dan KTP orangtua/wali, KK orangtua/wali, Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir WNI, pria dan bukan mantan prajurit TNI, Polri dan PNS. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945. Umur saat masuk pendidikan pertama tanggal 29 April 2013 tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih 22 tahun. Serendahnya lulusan SMP/Tsanawiyah atau yang disetarakan.

Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Berkelakuan baik dinyatakan dengan surat keterangan dari Polres setempat. \"Belum pernah menikah dan sanggup tidak nikah selama mengikuti pendidikan pertama dan dua tahun setelah diangkat menjadi prajurit,\" jelasnya.

Sehat Jasmani dan Rohani Sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba dan tidak berkaca mata. Tidak bertato/bekas tato, tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali disebabkan ketentuan agama/adat. Tinggi badan tidak kurang dari 163 Cm dan berat badan seimbang. Surat persetujuan/izin orangtua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali mengisi keterangan sesuai yang menjadi wali, yaitu bapak tiri/kakak/paman/bibi dengan meneliti KTP orangtua/wali dan KK. \"Bagi yang sudah bekerja melampirkan surat persetujuan dari kepala dinas/jawatan/instansi bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai bila diterima menjadi Tamtama PK TNI-AD,\" jelasnya.

Selain itu, harus mengikuti seleksi pemeriksaan/pengujian dan pemilihan yang diselenggarakan panitia penerimaan meliputi administrasi, kesehatan, jasmani, wawancara, psikologi. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) sekurang-kurangnya tujuh tahun. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI. Bersedia menaati peraturan bebas KKN, baik langsung maupun tidak langsung. Bila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Pendidikan Pertama. \"Jika pelanggaran tersebut ditemukan dikemudian hari saat mengikuti pendidikan pertama. Selama mengikuti seluruh pengujian/pemeriksaan, penerimaan, terhadap para calon tidak dipungut biaya apapun,\" jelasnya.

Formulir pendaftaran dan lainnya disediakan di tempat pendaftaran. Bagi calon yang memenuhi syarat penelitian awal (administrasi) akan diberikan surat pendaftaran. Pada waktu mendaftar calon harus berpakaian rapi dan bersepatu. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh di tempat pendaftaran. Hal-hal lain yang belum tercantum pada pengumuman ini akan disampaikan kemudian waktu pendaftaran.(100)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: