Gerindra Buka Pendaftaran Caleg

Gerindra Buka Pendaftaran Caleg

BENGKULU, BE - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Bengkulu membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) untuk seluruh tingkatan. Mulai dari tingkat kabupaten/kota, hingga Provinsi dan Pusat. Pendaftaran ini terbuka bagi seluruh masyarakat, baik kader maupun non kader yang memenuhi syarat sesuai ketentuan peraturan dan ketentuan yang ditetapkan partai.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Bengkulu, M Sis Rahman SSos menjelaskan, untuk tahap pertama, pendaftaran telah dibuka sejak awal hingga akhir Januari mendatang. Penerimaan Caleg dari non kader Partai Gerindra menurutnya sesuai kebijakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang porsinya disesuaikan dengan hasil verifikasi berdasarkan pemenuhan syarat administrasi dan kompetensi.

\"Bagi masyarakat yang ingin mendaftar, untuk caleg tingkat kabupaten silakan serahkan curikulum vitae (CV) ke sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di masing-masing Kabupaten atau Kota. Sedangkan caleg tingkat Provinsi ke sekretariat DPD. Termasuk caleg tingkat Pusat juga diserahkan ke kantor DPD, dan akan kita teruskan ke DPP,\" kata Sis Rahman.

Dilanjutkannya, selain syarat seperti diatur dalam UU Pemilu, persyaratan lainnya juga diberlakukan seperti telah berusia minimal 25 tahun dan berpendidikan minimal SMA sederajat, Gerindra juga mengajukan 2 syarat khusus yakni pertama, pendaftar harus memiliki loyalitas terhadap partai. Kedua, sanggup menandatangani fakta integritas.

\"Kita tidak ingin asal-asalan mengusung caleg. Harus memiliki integritas,\" ucapnya. Hingga saat ini, ia mengaku pendaftar tingkat Kabupaten telah mencapai 100 orang. Tingkat Provinsi baru 15 orang. Sedangkan tingkat Pusat belum ada pendaftar.

Rahman juga mengatakan, pendaftaran tahap kedua kemungkinan besar akan dilakukan. Namun masih menunggu instruksi dari DPP Gerindra. \"Saat pendaftaran ditutup, DPP akan melakukan survei,\" tutupnya.

Targetkan 9 Kursi Sementara, dari 45 kursi yang tersedia untuk Anggota Dewan di Gedung DPRD Provinsi Bengkulu pada pemilu 2014 nanti partai Gerinda menargetkan 9 kursi untuk perwakilan mereka. Hal ini disampaikan Ketua DPD Gerinda Bengkulu, Susi Marleny Bachsin SE MM melaui Bendahara Gerindra Solihin Adnan SH kemarin.

\"Dari tujuh Dapil yang ada di Bengkulu, kita menargetkan satu Dapil satu, namun untuk target maksimal kita adalah sembilan perwakilan dari Gerinda yang akan mengisi kursi di DPRD Provinsi Bengkulu,\" ungkap Solihin.

Menurut Solihin untuk mencapai target tersebut pihaknya sudah melakukan berbagai strategi, yaitu sebelum diadakannya verifikasi partai politik Gerinda sudah melakukan konsolidasi mulai dari ranting yang ada diseluruh. Dan hal tersebut sudah gerinda mulai satu tahun sebelum dilakukannya verifikasi partai politik. Selain itu gerinda terus melakukan koordinasi dan konsolidasi internal partai gerinda, dan melakukan penguatan struktur partai sampai ketingkat kelurahan atau desa. untuk terus memperkenalkan program yang diusung gerinda, gerinda terus melakukan kegiatan sosialisai kepada masyarakat.

\"Kita sekarang melakukan kegiatan yang menyentuh masyarakat langsung, seperti gerakan perbaikan gizi dengan gerakan minum susu kepada anak-anak,\" tambah Solihin.

Selanjutnya menurut Solihin saat ini DPD Gerindra Bengkulu sedang menyusun rumusan untuk program ekonomi kerakyatan dan juga program untuk petani dan nelayan sehingga nantinya bentuk kegiatan yang dilakukan partai Gerindra benar-benar merakyat, dan aksi yang dilakukan gerindra benar-benar nyata.

\"Saat ini kita sedang mencermati persoalan yang terjadi dimasyarakat, sehingga program kita benar-benar menyentuh masyarakat. kegiatan ini jauh hari telah kita lakukan sebelum dilakukannya kampanye,\" pungkas Solihin. ((400/cw2)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: