Jabatan Eselon II Diseleksi Terbuka

Jabatan Eselon II Diseleksi Terbuka

 \"naik TAIS, BE - Pemkab Seluma melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) tengah menyiapkan tim seleksi (timsel) pejabat yang akan menduduki jabatan eselon II di sejumlah SKPD di Pemkab Seluma.

Dalam seleksi ini nanti, akan ada 6 jabatan eselon yang harus diisi oleh pejabat yang sudah layak mendudukinya. Selain 5 posisi yang sudah lama dibiarkan kosong, ditambah 1 jabatan Kepala BP4K yang ditinggalkan Ir Wahidin Dahlan pensiun dari PNS.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKD Seluma, Supardi MPd, mengungkapkan, timsel yang akan dilibatkan dalam seleksi ini terdiri dari 55 persen tim dari Seluma dan 45 dari kalangan akademisi. “Kami sekarang sedang membahas untuk pelaksanaan seleksi terbuka. Kami akan melibatkan tim seleksi (timsel) dengan komposisi 55 persen tim dari Seluma dan 45 persen dari kalangan akademisi,” ujar Supardi.

Sementara itu, 6 jabatan eselon II b yang kosong yakni Kepala BKD Seluma, Kepala DPPKAD, Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan, Kepala Dinas PU, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Kepala BP4K.

Seleksi ini nantinya dimulai dari pemeriksaan berkas, kecakapan, serta persyaratan lainnya. “Mulai dari pemeriksaan berkas, pemeriksaan kecakapan, serta persyaratan layak atau tidak layak menjabat eselon II b. Kemudian akan dilakukan tes wawancara bagi peserta,”sambungnya. Selain itu, syarat minimal sudah dua tahun menduduki jabatan setingkat di bawahnya dan sudah mengikuti diklat pelatihan kepemimpinan (PIM) III.

Menurut Supardi, BKD Seluma akan membuka pengumuman selama 15 hari, akan ditambah lima hari lagi. Jika kuota pelamar pejabat belum terpenuhi, BKD Seluma akan mengutamakan calon pejabat dari intern. Namun jika sampai batas akhir waktu beluma juga terpenuhi, barulah akan menerima calon pejabat dari luar Seluma.

“Satu orang pejabat eselon IIIa boleh melamar lebih dari satu jabatan eselon II b. Karena nanti timsel yang akan menetapkan pejabat yang bersangkutan layak menduduki kepala SKPD yang mana,” ujar Supardi.

Selain itu, yang terpenting, kata Supardi, hasil akhir tetap di meja bupati, karena timsel akan menyodorkan tiga nama untuk diputuskan menduduki jabatan eselon II b.

Nanti Bupati yang akan menunjuk siapa yang dianggap pantas menuduki jabatan eselon II b atau sebagai Kepala SKPD yang sudah lama kosong tersebut. “Nanti di penghujung sebelum ditentukan, tim sel akan menyampaikan tiga nama ke bupati dengan kreteria masing-masing,” demikian kata Supardi.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: