Pemda Seluma Gelar Salat Gerhana

Pemda Seluma Gelar Salat Gerhana

\"Sholat

TAIS, BE - Segenap pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma dan jajaran diwajibkan melaksanakan salat gerhana matahari pada Rabu esok (9/3). Salat guna mensyukuri fenomena alam gerhana matahari total (GMT) tersebut dilaksanakan di masjid Baitulfalihin.

\"Edaran untuk melaksanakan salat sudah dibagikan ke seluruh kecamatan untuk dapat dilaksanakan  di daerah masing-masing. Khusus untuk di Tais dilaksanakan di Baitulfalihin,” pungkas Pegawai Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemda Seluma Naksabandi MAp pada BE kemarin (7/3).

Usai pelaksanaan salat gerhana dilakukan pengamatan GMT oleh pemda bersama masyarakat di kompleks perkantoran Seluma. Sedangkan  pengamatan gerhana bagi wilayah lainnya diserahkan ke kecamatan, yang juga diimbau melaksanakan salat gerhana pula.

\"Sebelum pengamatan gerhana akan dilakukan salat berjamaah di sejumlah titik yang sudah ditentukan oleh camat,”sampainya

Gerhana matahari terjadi pada Rabu (9/3) pukul 5.30 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprakirakan gerhana matahari total dimulai pukul 06.19 WIB. Gerhana matahari total merupakan fenomena unik yang dapat dimanfaatkan untuk menarik wisatawan ke Seluruh kawasan.

Berdasarkan prakiraan BMKG, pemantauan gerhana matahari akan lebih cerah di wilayah barat Indonesia, termasuk Bengkulu.

“Puncak gerhana terjadi pada pukul 07.20 WIB, dan fenomena alam itu berakhir pada pukul 08.28 WIB,“ sampainya.

Dijelaskan Naksabandi, dari literatur yang di bacanya, GMT di Indonesia akan dimulai pada pukul 06:19:18 WIB di sebelah Selatan Provinsi Bengkulu. Gerhana matahari yang teramati dari sebagian besar kabupaten di Provinsi Bengkulu adalah gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari total dapat dilihat di Kabupaten Mukomuko pada pukul 06.20 WIB. Secara umum, gerhana matahari di Bengkulu dimulai pada pukul 06.20 WIB. Durasi gerhana yang teramati di Bengkulu rata-rata dua jam dan delapan menit.

“Semoga saja dengan gerhana ini kita dapat lebih bersyukur atas kekuasaan-NYA,” pungkasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: