6 Rumah Disatroni Maling

6 Rumah Disatroni Maling

MAJE, BE - Kasus pencurian belakangan ini marak terjadi di wilayah hukum Polres Kaur. Kali ini, dalam tempo semalam enam rumah warga di Desa Air long dan Desa Sumber Harapan Kecamatan Maje Kabupaten Kaur disatroni maling. Akibatnya, sejumlah barang berharga seperti Hp raib dibawa pelaku, kemarin (4/3)

“Kejadian itu menjelang waktu subuh, dan waktu kejadian itu memang pemilik rumah sedang tidur dan baru diketahui pagi saat bangun tidur,” kata Kepala Desa (Kades) Air Long Suryadi kepada BE, kemarin.

Berdasarkan dari keterangan warga setempat, peristiwa pencurian itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Enam rumah yang menjadi korban aksi pencuri berjarak relatif dekat, berada dalam lingkup desa yang sama. Diketahui, enam rumah yang menjadi korban adalah milik Mamat (42), Okta (30), Ujang (45), Harlis (27), Eman (28), warga Desa Air Long dan Wagus (37), warga Desa Sumber Harapan Kecamatan Maje. Dalam aksinya itu pelaku berhasil mengasak 2 unit Hp milik Mamat dan 1 unit Hp milik Okta.

“Dari enam rumah yang dibobol maling itu, cuma dua rumah yang kehilangan barang, yang lain hanya dimasuki maling saja,” ujarnya. Modus pelaku pencurian ini dengan cara masuk ke rumah para korbannya dengan mencongkel pintu jendela. Lalu pelaku masuk ke rumah dan mengambil barang-barang berharga. Para korban baru menyadari rumahnya dibobol maling pagi hari setelah bangun tidur, saat melihat jendela depan sudah terbuka dan barang sudah hilang.

\"Malam itu tidak satupun keluarga yang mendengar suara berisik apa gaduh,” ujarnya.

Dikatakan Kades, para pelaku duduga sudah memiliki jam terbang tinggi alias berpengalaman. Pasalnya, salah satu penghuni rumah sempat dilangkahi maling ketika tidur di ruang tamu. Saat kemalingan, ia itu tidak ada satupun yang melihat pelaku masuk kedalam rumah.

“Kalau kita analisa dengan cara kita, tidak mungkin dia berani merencanakan masuk enam rumah dalam sekejap, kemungkinan besar mereka berkelompok,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Kaur AKBP Bambang Purwanto S IK melalui Kapolsek Maje Ipda Simanungkalit SE IK, membenarkan jika ada beberapa rumah warga Air Long dan Desa Sumberharapan disatroni pencuri. Untuk pelaku lanjut Kapolsek pihaknya sedang memburu buru. Namun dirinya tetap mengimbau agar warga lebih meningkatkan peran serta menjaga lingkungan.

“Dari hasil olah TKP kawanan pencuri ini masuk rumah dengan cara mendonkel pintu jendela mengunakan benda keras. Dengan adanya kejadian ini kita menghimbau warga untuk lebih waspada,” himbau Kapolsek.

Sebagaimana diketahui, beberapa minggu lalu dalam semalam para pelaku juga berhasil membobol empat rumah sekaligus, yakni rumah Novian Ayanda (46), Mahri (30), Tamri (38) dan Gadis (46), warga Desa Parda Suka Kecamatan Maje. Akibatnya beberapa harta benda korban raib dibawa pelaku. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: