Kantor Desa Butuh Rp 20 Milliar

Kantor Desa Butuh Rp 20 Milliar

TAIS, BE–Rencana Pemkab Seluma membangun kantor desa dan kelurahan sebanyak 201 unit membutuhkan dana yang sangat besar. Sekurangnya Rp 20 miliar dana pada APBD harus dikucurkan, untuk dapat membangun gedung yang representatif di 181 desa dan 20 kelurahan yang ada.

\"Untuk membangun ini, kita membutuhkan dana yang cukup besar. Karean itu, harus dilakukan secara bertahap Meskipun demikian, akan tetap kita diusulkan dalam APBD Kabupaten Seluma tahun 2013 ini yang sebentar lagi akan segera dibahas,\" kata Kabag Administrasi Pemerintahan Pemkab Seluma, Yaferson SPd MH.

Dijelaskannya, sementara ini pihaknya tak bisa memastikan besarnya nominal kucuran dana anggaran kantor desa yang akan disahkan oleh dewan. Namun, dari catatan yang ada, sejumlah balai atau kantor desa di Kabupaten Seluma sudah banyak yang rusak, dan sebagian lagi desa memang belum ada balai desanya. Demikian juga dengan 17 dari 20 kelurahan baru dibentuk, belum mempunyaa kantor lurah.

“Yang akan menjadi prioritas pembangunan nantinya bagi desa dan keluarahan yang sama sekali belum ada kantornya,” katanya. Lebih lanjut, dikatakan Yaferson, selainmengusulkan anggaran ke APBD, pihaknya juga akan mengusulkan program tersebut ke pemerintah pusat melalui APBN.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: