Stop Keluarkan Izin Perkebunan

Stop Keluarkan Izin Perkebunan

\"Kampung

BINTUHAN ,BE - Wakil Ketua I DPRD Kaur Darhan S IP meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur, untuk menghentikan memberi izin penerbitan buka lahan perkebunan diwilayah Kaur. Pasalnya saat ini lahan kosong yang tidak digarap warga sudah habis.

“Sebaiknya Pemda memikirkan bagaimana caranya membuat sejumlah jalan untuk memudahkan akses transportasi warga agar dapat mengangkut hasil produksi bukan sebaliknya,” kata Darhan.

Selain itu, menurut DPRD dari fraksi Demokrat ini. Ia juga meminta dinas terkait untuk menadakan pengadaan bibit bersubsidi dengan jumlah banyak. Sehingga dengan banyaknya bibit tentu warga berlomba-lomba untuk menanam sawit, karet dan tanaman palawija lainnya sehingga ke depannya warga sendiri yang akan diuntungkan.

“Sekarang ini warga Kaur banyak mengungsi berkebun ke daerah lain, penyebabnya lahan yang ada di kaur sudah banyak habis dikuasai perusahaan, sedangkan lahan yang berada di pedalamanan tidak ada jalan,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Hendri (43) masyarakat Kecamatan Kecamatan Kaur Selatan ia mengakui, buruknya inspatruktur menuju perkebunan sejumlah warga mulai berduyun duyun berkebun keluar daerah seperti di Provinsi Jambi, Lampung hingga daerah Bengkulu luar Kaur.

“Warga mengeluh tidak ada jalan untuk mengangkut hasil, dan juga hutan Kaur kini sudah kritis,” tutupnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: