21 Dokter Siap Melayani

21 Dokter Siap Melayani

BINTUHAN, BE - 21 dokter muda Program Internship atau pengabdian profesi bidang kedokteran, mulai melayani masyarakat di Kabupaten Kaur, Senin (22/2). Para dokter disambut Bupati Kaur Dr. Ir. H Hermen Malik, MSi di Gedung Busines Development Centre (BDC) Pondok Pusaka.

“Saya berharap dengan adanya dokter internship ini, nanti bisa membantu pemerintah daerah dalam mengatasi dan memperkuat kebutuhan tenaga medis selama ini,” kata Bupati Hermen.

Dikatakan bupati, dokter internship ini merupakan program digagas Kementerian Kesehatan RI. Kesekian kalinya diterapkan di daerah Kaur sebagai upaya pemerataan tenaga dokter di daerah terpencil.

Semua dokter akan mengabdi selama setahun, enam bulan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan beberapa puskesmas di wilayah Kabupaten Kaur.

Dari ke-21 dokter tersebut 17 diantaranya perempuan dan 4 orang dokter pria, lulusan dari berbagai perguruan tinggi kedokteran yang ada di Indonesia.

“Meskipun mereka hanya diberi tugas dalam jangka waktu setahun saja di Kabupaten Kaur tapi ini sangat bermanfaat khususnya untuk masyarakat Kaur,” terang Hermen.

Bupati berharap agar para dokter dapat bekerja dengan baik dan mampu memberikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat Kaur. Juga menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur agar memfasilitasi para dokter internship.

“Nanti untuk tempat tinggal para dokter ini akan difasilitasi oleh Dinkes, dan kita berharap setelah selesai mengabdikan diri di Kaur ini nanti kedepannya mereka sudah ahli dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kaur, Drs M Tabri, yang ikut mendampingi para dokter internship mengatakan program ini diharapkan akan mampu mengatasi adanya kekurangan tenaga dokter di Kaur.

Selain itu juga memberikan kesempatan kepada dokter-dokter muda tersebut berlatih sesuai bidangnya dengan terjun langsung ke masyarakat. Untuk itu diharapkan para dokter ini dengan baik dan bisa mengatasi permasalahan kekurangan dokter yang terjadi sampai sekarang di Kaur. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: