Cegah Kenakalan

Cegah Kenakalan

BINTUHAN, BE- Jajajaran Polres Kaur Senin (22/2), menggelar upacara bendera di sejumlah sekolah. Upacara yang bertema “Police go to School” untuk mendekatkan aparat kepolisian dengan dunia pendidikan.

Dalam kegiatan ini, para perwira Polres Kaur menjadi inspektur upacara (Irup). Masalah bahaya narkoba hingga kenakalan remaja yang akhir-akhir ini makain marak terjadi. “Kegiatan Polici go to school ini rutin kita lakukan terutama setiap hari Senin, program ini bertujuan untuk mencegah kenalakan pelajar di Kaur ini,” kata Kapolres Kaur AKBP Bambang Purwanto, SIK usai menjadi Irup di SMK 5 Kaur kemarin.

Dikatakan Kapolres ia telah memberikan intruksi khusus pada jajarannya tentang Police go to School. Juga untuk tugas pun telah dibagi pada masing-masing perwira untuk menjadi Irup di sejumlah sekolah.

Giat ini juga diikuti para kapolsek jajaran di15 kecamatan wilayah Kaur. Mereka bertugas di wilayah masing-masing dengan status sebagai irup. “Semua perwira sudah kita perintahkan untuk selalu rutin menjalankan program ini, karena dengan program ini siswa itu bisa dekat dengan Polisi,” ujarnya.

Lanjut Kapolres, agenda Police go to School ini untuk memancing para pelajar agar lebih dekat dengan polisi. Selain itu, para pelajar agar mudah tertarik untuk masuk anggota kepolisian. Sehingga citra kepolisian tumbuh dan warga bisa menerima kehadiran polisi sebagai penegak hukum.

“Kini kita mendekati pelajar tingkat high school guna menumbuhkan minat mereka agar masuk Polri, apalagi sekarang ini sedang ada pembukaan Polri,” terangnya.

Ditambahkan Perwira dengan dua melati dipundak ini. Tujuan lain, aparat tengah melakukan pendekatan guna mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar maupun lingkungan sekolah. Langkah ini menjadi penting mengingat usia ABG sangat rentan dengan masalah itu.

“Karena ini lebih baik mencegah daripada mengobati. Mencegah berarti menghindarkan calon penggunanya dari ketergantungan. Apalagi usia mudah seperti sangat rentan sekali terkena narkoba,” tandasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: