Pendamping Desa Minim

Pendamping Desa Minim

BINTUHAN,BE- Jumlah pendamping lokal desa di wilayah Kabupaten Kaur saat ini masih sangat minim. Pasalnya dari jumlah 192 desa yang ada saat ini baru ada 51 pendamping lokal desa. Padahal idealnya satu desa itu satu pendamping.

“Ya kita akui kalau masalah pendamping desa ini kita masih kurang, karena sekarang ini baru ada 51 pendamping dan itu dibantu tiga orang pendamping dari masing-masing kecamatan,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarag Berencana (BPMD-KB) Kaur Jon Harimol, S.Sos kemarin.

Dikatakannya, kedepan pihaknya akan berusaha mencukupi kekurangan pedamping desa tersebut. Namun khusus pendamping di tingkat kecamatan dan pendamping ahli akan diambil dari tenaga yang berpengalaman.

“Biasanya pendamping yang akan direkrut pada program itu adalah orang yang pernah mengikuti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan,” terangnya.

Lanjutnya, kendati demikian, tidak semua eks pendamping PNPM akan direkrut semua, syaratnya harus memenuhi kriteria, punya pengalaman, serta tahu manajemen yang bagus.

“Untuk peminat pedamping desa ini sebenarnya banyak, tapi ini tidak bisa sembarangan, karena harus ada pengalaman kerja,” ujarnya.

Ditambahkannya, pendamping desa sangat dibutuhkan guna mengawal proses penyusunan dokumen, penyaluran, dan menganalisa persoalan terkait dana desa. Namun untuk desa yang belum ada pendamping, kinerja dari kepala desa sementara didampingi oleh petugas di tingkat kecamatan.

“Sebenarnya tugas pendamping desa ini untuk mengawasi dana desa yang diberikan pemerintah ini, karena jangan sampai nanti disalah gunakan oleh pihak desa,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: