Jalan Semak Mengancam

Jalan Semak Mengancam

LUAS,BE- Kondisi jalan Kabupaten yang menghubungan Kecamatan Luas dan Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur menyemak dan sempit. Pasalnya, di kiri dan kanan jalan tumbuh ilalang dengan subur. Akibatnya jarak pandang pengemudi ketika melitasi tikungan ini harus ekstra hati hati.

“Sekarang ini jalan Luas menuju Muara Sahung sudah sempit dan penuh semak-semak, dan ini bisa menyebabkan laka lalu lintas,” ujar Jasman (45), salah satu warga Muara Sahung yang melintas di jalan kemarin.

Dari hasil pengamatan BE kemarin (15/1), ilalang dan rerumputan yang tumbuh subur di sisi jalan, sudah merambat ke badan jalan, bahkan menutupi parit. Lebarnya jalan yang hampir 5 meter menyempit dan daun illalang menghalangi pandangan mata pengendara. Karena suburnya ilalang ini, setiap mobil yang berpapasan dengan sepeda motorpun harus berhati-hati, apalagi kalau berlintasan antara mobil dengan mobil, salah satunya harus berhenti, paling tidak melambat.

“Kalau mobil ketemu mobil itu harus gentian jalannya, karena kalau tidak bisa kecelakaan. Kami minta jalan ini segera dibersihkan jangan sampai nanti ada laka lantas,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Medi (43), warga Kecamatan Luas, ia juga mengakui jika kondisi jalan ke Luas menuju Muara Sahung yang menyimpit karena ilalang tumbuh subur dan sudah seperti semak belukar di sisi jalan sangat membahayakan pengguna jalan. Selain mempersempit badan jalan, juga mengganggu penglihatan pengguna jalan.

“Tak jarang di setiap tikungan, terkadang tiba-tiba kita kaget karena mobil atau sepeda motor dari arah berlawanan datang secara tiba tiba. Karena daun ilalang, pandangan terhalang oleh daun menyemak yang mengarah ke badan jalan,” ujarnya.

Ditambahkannya, pemerintah memperhatikan keadaan jalan ini, jangan sampai menimbulkan kerugian bagi masyarakat pengguna jalan, apalagi sampai hilang nyawa. Karena sudah beberapa kali terjadi tabrakan di sepanjang jalan.

“Saya minta pada pihak terkait segera turun dan membersihkan semak belukar tersebut,sebelum terjadi laka lantas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kaur Lawi Amrul, SPd mengaku pihaknya belum mengetahui kondisi jalan tersebut. Namun pihaknya dalam waktu dekat ini akan segera tutun membersihkan ilalang jalan tersebut.

“Nanti petugas kita akan turun membersihkan jalan itu, dan kita minta kepada pengendara tetap berhati-hati,” harapnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: