Waspada Penipuan Promosi Jabatan

Waspada Penipuan Promosi Jabatan

TAIS, BE - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Seluma diminta waspada terhadap penipuan berkedok promosi jabatan eselon II dengan mengatas namakan Baperjakat Provinsi Bengkulu. Kali ini modus terduga pelaku mendatangi satu persatu PNS Seluma ke kediamannya masing-masing. Beberapa orang pejabat di SKPD Seluma sudah didatangi oleh oknum tersebut, yakni H Hercules Jeraim SH MH dan Julian Zuherwan Msi. Namun, kedua PNS senior ini lebih cerdik dari oknum tersebut hingga tak menjadi korban penipuan.

Ketika di konfirmasi Julian Zuherwan MSi Kepala Bappeda yang nyaris menjadi korban penipuan tersebut membenarkan adanya upaya penipuan tersebut. Kedua terduga pelaku mendatangi kediamannya di Kota Bengkulu. Hanya saja, kedatanggan mereka tidak ditanggapi serius olehnya.

“Saya sudah dua kali didatangi oleh orang yang sama, namun kedatanggan mereka tidak ditanggapi dan akhirnya kedua pelaku pulang dengan sendirinya,” beber Julian Zuherwan pada BE kemarin.

Tak berhasil memperdaya Hercules, oknum pelaku yang belum diketahui identitasnya tersebut mendatangi Kepala Dinas catatan Sipil dan kependudukan Hercules Jeraim SH MH, dengan modus yang sama. Namun, kepala dinas ini juga tidak berhasil mereka tipu. Oknum terduga pelaku itu hanya meminta uang untuk menebus baju batik seharga Rp 800 ribu saja.

“Saya tidak meyakini sama sekali jika apa yang disampaikan kedua oknum pelaku tersebut. Terakhir kedua pelaku meminta uang untuk menebus baju saja dan itupun tidak diberikan,” sampai Hercules Jeraim SH MH kepada BE.

“Kedua pelaku mendatangi kediaman kita masing-masing dengan mengatas namakan Baperjakat Provinsi jika kita mendapatkan promosi jabatan,”ceritanya.

Data yang berhasil dihimpun BE, kejadian ini berlangsung pada hari Selasa hingga Jumat kemarin. Sejumlah pejabat dan PNS nyaris menjadi korban. Modus yang dijalankan pelaku mengutarakan pejabat yang didatanginya mendapatkan promosi jabatan, akan ditarik menjadi PNS di lingkungan Provinsi Bengkulu. Untuk mempermudah pengangkatan pejabat tersebut kedua pelaku, terlebih dahulu meminta uang sebagai syarat mempermudah proses.

Untuk mengatasi upaya penipuan itu agar tidak berlanjut Kabag Humas dan Protokol Pemda Seluma H Hendarsyah mengimbau agar seluruh PNS dapat berhati-hati. Kepada mereka yang pernah didatangi sejumlah orang tak dikenal untuk dapat melapor ke pihak berwajib, sehingga pelaku dapat segera diringkus.

“Seluruh PNS hendaknya dapat waspada dengan kedatanggan orang yang mengatasnamakan dan bisa mempromisikan jabatannya. Hal ini tidaklah bisa dilakukan dengan begitu saja. Melainkan ada tahapan yang harus dilakukan,” singkatnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: