Maret, Tes CPNS

Maret, Tes CPNS

TUBEI,BE - Setelah ditahun 2015 ini tidak ada perekrutan pegawai melalui tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilaksanakan Pemda Kabupaten Lebong dan daerah lainnya. Pada tahun 2016 mendatang informasinya Pemerintah RI membuka peluang bagi daerah melaksanakan tes CPNS. Untuk itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lebong mengusulkan sebanyak 1900 kuota CPNS. Jadwal tes CPNS itu sendiri jika tidak ada perubahan dilaksanakan pada Maret 2016 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala BKD Lebong H Guntur SSos kepada BE di ruang kerjanya kemarin.

\"Untuk usulan formasi bertambah menjadi 1.900. Hal ini sudah kita sampaikan ke Kemenpan dan RB. Sedangkan, untuk pelaksanaan tes CPNS jika tidak ada perubahan, sesuai degan hasil rapat yang dilakukan di Makasar beberapa waktu yang lalu dilakukan pada bulan Maret 2016 mendatang,\" jelas Guntur.

Dikatakannya, 1.900 kuota yang diusulkan itu masih didominasi untuk formasi tenaga kesehatan, pendidikan dan tenaga teknis. Usulan tersebut sebelumnya sudah terlebih dahulu melalui tahapan Analisis Jabatan (Anjab) dan sesuai dengan Analisis Beban Kerja (ABK). Soal diterima atau tidak, yang jelas BKD Lebong akan terus lakukan upaya agar kuota atau jumlah ideal PNS Lebong bisa terpenuhi nantinya.

\"Kebutuhan PNS di Kabupaten Lebong terutama tenaga kesehatan dan guru masih sangat dibutuhkan. Sehingga, diketahui apa dan berapa kebutuhan CPNS bagi Kabupaten Lebong. Kita berharap usulan yang kita sampaikan diterima BKN. Karena idealnya kita memiliki sekitar 6 ribu pegawai, sedangkan saat ini 4 ribu pegawai saja belum cukup,\" kata Guntur.

Guna menyukseskan pelaksanaan tes seleksi CPNS, BKD Lebong sendiri telah mengusulkan dana anggaran perekrutan CPNS dalam RAPBD Lebong Tahun Anggaran (TA) 2016 sekitar Rp 600 juta.

\"Seperti sebelumnya, perekrutan sendiri masih menggunakan sistem CAT (Computer Asisted Test, red). Pelaksanaan sistem CAT itu sendiri sepertinya masih akan bekerjasama dengan Universitas Bengkulu karena fasilitas gedung CAT di Lebong belum memenuhi,\" pungkas Guntur.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: