DAK Diknaspora Lebong Mencapai Rp 11,5 M

DAK Diknaspora Lebong Mencapai Rp 11,5 M

TUBEI, BE - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Lebong tahun ini akan menerima dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 11,5 miliar. DAK tersebut dipergunakan untuk pos SD, SMP, SMA, dan SMK serta DAK infrastuktur. Khusus untuk DAK infrastruktur dialokasikan dana sebesar Rp 3,5 miliar.

Kadis Diknaspora Lebong Drs Aswan MSi melalui Seketaris Diknaspora Sukirno SPd MPd kepada wartawan kemarin mengatakan, terjadi peningkatan nilai yang diperoleh dibandingkan tahun 2012 lalu. \"Untuk tahun 2013 ini terjadi peningkatan nilai DAK yang kita peroleh sebesar Rp 1,5 miliar atau sekitar 15 persen. Pada tahun 2012 yang lalu nilai DAK kita sekitar Rp 10 miliar,\" jelas Sukirno. Khusus untuk DAK Infrastruktur senilai Rp 3,5 miliar, kata dia, akan dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur di sekolah-sekolah. \"Dana DAK infrastruktur tersebut dipergunakan untuk pembangunan pagar, jalan, dan lapangan upacara di sekolah-sekolah,\" kata Sukirno.

Terkait waktu pelaksanaan kegiatan yang didanai melalui DAK tersebut, masih menunggu juklak dan juknis dari Kemendikbud. \"Kita masih menunggu juklak juknis untuk kegiatan dak tersebut. Hingga sekarang kita baru menerima DIPA DAK tersebut secara gelondongan, yakni sebesar Rp 8 miliar di luar dak infrastruktur. Dana tersebut diperuntukan untuk pembangunan maupun untuk fasilitas sekolah,\" ucapnya.

Selain itu, kenaikan DAK Diknaspora Lebong juga diikuti dengan anggaran APBD Lebong yang diterima Diknaspora. Jika tahun 2012 yang lalu APBD murni mencapai Rp 8 miliar maka tahun 2013 anggaran APBD murni mencapai kurang kebih Rp 12 miliar. \"Ada peningkatan sebesar Rp 4 miliar dari APBD 2013 untuk berbagai kegiatan dan progam di Diknaspora Lebong. Mudah-mudahan dengan adanya peningkatan anggaran tersebut diikuti juga dengan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Lebong,\" pungkas Sukirno.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: