Jaring Balon Wagub, PAN Siapkan Fit and Proper Test

Jaring Balon Wagub, PAN  Siapkan Fit and Proper Test

BENGKULU,BE - PAN belum melakukan penjaringan bakal calon (Balon) wakil gubernur (Wagub). Namun, penjaringan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Partai berlambang matahari ini, akan memberikan kesempatan bagi kader partai dan non kader. \"Nanti PAN akan membuka pendafataran. Baik kader dan non kader, diperolehkan mendaftar. Setelah itu, panitia akan melakukan fit and proper test terhadap bakal calon,\" kata Ketua DPW PAN H Helmi Hasan SE, didampingi Wakil Sekretaris Dempo Exler, kemarin.

Ia menegaskan, setiap orang memiliki peluang yang sama. Sebab, pihaknya menyakini banyak tokoh-tokoh Bengkulu yang memiliki kemampuan untuk memimpin dan memajukan daerah. \"Baik dari internal dan ekternal partai, memiliki peluang yang sama,\" katanya.

Dari internal partai misalnya Parial SH, Suharudin H Derus, pendiri partai Ahmad Dasan SH, MH, Ichwan Yunus, dan kader partai lainnya. Sedangkan non kader misalnya Rektor UMB DR Khairil MPd, Rektor IAIN DR Sirajudin, Drs Asnawi A Lamat MSi, serta Sultan B Najamudin, dan tokoh-tokoh lainnya yang ingin ikut bursa Pilwagub melalui PAN, memiliki peluang yang sama untuk terpilih.

\"Karena, hasil fit and propert tes nanti, DPW akan mengajukan beberapa nama ke DPP. Pada akhirnya, Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa nanti yang akan memilih,\" katanya.

Selain itu, lanjut Helmi, ia akan berkoordinasi dengan Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah. Sebab balon -balon tersebut juga harus mendapat persetujuan dari gubernur. \"Dalam aturannya, gubernur tidak setuju dengan balon yang diseleksi parpol, berhak menolak. Karena itu, PAN melakukan koordinasi dengan gubernur, untuk membahas penjaringan balon wagub,\" katanya.

sementara itu, Ketua DPD Demokrat Edison Simbolon mengatakan partai Demokrat memberikan peluang kepada kader partai. Sebab, kader partai diberikan tanggung jawab untuk membesarkan partai. \"Kita lihat kader-kader yang memiliki komitmen membesarkan partai. Sebab dulu, gubernurkan dari Demokrat. Dengan diberhentikannya Pak Agusrin, agar posisi wagub tetap diperoleh kader Demokrat,\" ujarnya.(100)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: