80 Persen Pelanggan PDAM Menunggak

80 Persen Pelanggan PDAM Menunggak

\"pdam_air_keran\"TUBEI,BE - Kesadaran pelanggan Perusahaan Daerah Air Minim Tirta Tebo Emas (PDAM TTE) Kabupaten Lebong dalam membayar tagihan PDAM sangat rendah. Selama 2 bulan terakhir hanya 20 persen pelanggan saja yang membayar tagihan rekening PDAM-nya. Yakni sekitar 1.469 saja yang membayar dari total pelanggan PDAM yang mencapai 7.345 pelanggan. Sisanya 80 persen pelanggan tidak membayar kewajibannya. Dijelaskan Direktur PDAM Tirta Tebo Emas, Drs Sofian Razik SSos, dari jumlah pelanggan aktif PDAM se Kabupaten Lebong yang mencapai lebih kurang 7.345 pelanggan, untuk partisipasi pembayaran sejak 2 bulan terakhir ini hanya 20 persen yang tercapai. \'\'Hal ini terbukti dengan angka pembayaran yang diterima, dari target Rp 350 juta perbulan, yang tercapai baru sekitar Rp 116 juta per bulan,\'\' kata Sofian. Selain masalah tunggakan, kendala lain yang menjadi masalah di PDAM adalah masalah kebocoran jaringan atau pipa hingga 60 persen yang membuat pendistribusian air sering terganggu. Lebih jauh kendala lain di PDAM TTE Lebong, lanjut Sofian, sering dirusaknya valpe air atau stop keran untuk pengatur air pada malam hari yang ada di Sungai Gerong, makanya untuk pendistribusian air diwilayah tersebut sering terjadi kemacetan. \"Semua masalah ini, sudah kita benahi semaksimal mungkin. Tinggal lagi kesadaran partisipasi pelanggan dalam pembayaran. Mengigat, untuk pembayaran gaji pegawai PDAM bukan dari APBD, namun dari pembayaran pelanggan. Sejauh ini tingkat pembayaran ini sendiri masih 20 persen disamping kendala lainnya yang terus kita upayakan untuk melakukan pembenahan,\" demikian Sofian.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: