Empat Kades Tour ke Batam

Empat Kades Tour ke Batam

\"1\"

TUBEI,BE - Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, pada Selasa (17/11) kemarin, Pemda Lebong melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Derah (DPPKAD) Lebong menggelar acara PBB Awards. Pada acara yang dilaksanakan di gedung aula Setdakab Lebong itu dipilih 4 kepala desa terbaik dalam penagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Para Kades terpilih mendapatkan reward jalan-jalan ke Kota Batam.

Dalam sambutannya, Kepala DPPKAD Kabupaten Lebong Mahmud Siam SP MM mengatakan, dalam kategori pembayaran dan realisasi penerimaan PBB terbaik tingkat desa, 4 Desa dengan bobot nilai tertinggi dihadiahi tour ke Batam. Empat Desa tersebut masing-masing, Desa Suka Datang Kecamatan Plabai dengan realisasi penerimaan Rp 2,6 juta dengan bobot nilai 59,08 diposisi terbaik ke- 4. Desa Manai Blau Kecamatan Lebong Selatan dengan realisasi Rp 4,1 juta dengan bobot nilai 59,25 diposisi ketiga. Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara dengan realisasi penerimaan Rp 6,3 juta dengan bobot nilai 60,33 diposisi terbaik ketiga. Terbaik pertama berhasil diduduki oleh Desa Ujung Tanjung II Kecamatan Lebong Sakti dengan realisasi penerimaan Rp. 4,6 juta dengan bobot nilai 61,90 persen. Untuk katagori bobot nilai tertinggi tingkat Kabupaten adalah Kecamatan Lebong Atas. Dengan realisasi penerimaan Rp 18,2 juta dengan bobot nilai 50,17.

\'\'Dengan demikian maka Camat Lebong Atas berhak menemani empat Kades terbaik untuk tour ke Batam,\'\' katanya. Untuk reward PBB tahun 2015 ini indikator penilaian bertambah. Bila selama ini ada 4 indikator, yaitu waktu pembayaran, persentase pelunasan, hutang dan besaran nominal, maka tahun 2015 ini bertambah 2 menjadi 6 indikator, yaitu penambahan partisipasi dan keaktifan.

\"Partisipasi diukur dari keterlibatan kades dan petugas yang ditunjuk dalam setiap kunjungan lapangan di desa masing-masing. Lalu untuk keaktifan dengan mengukur keaktifan kades dan petugas yang ditunjuk dalam pendaftaran objek pajak baru maupun jumlah kunjungan ke counter pelayanan PBB atau jumlah telekomunikasi yang dilakukan,\" ungkap Syarif. Diharapkan dengan adanya acara ini dapat meningkatkan motivasi dan kinerja Kades/Lurah dan Camat sebagai ujung tombak penagih PBB ditahun yang akan datang.

\"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama sehingga target PAD tahun ini yang mencapai Rp 1 miliar berhasil dipenuhi bahkan over target. Diharapkan dengan adanya penghargaan ini, kedepan dapat memotivasi kita bersama untuk lebih baik di tahun selanjutnya,\" demikian Mahmud.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: