Kerja Keras Tekan Angka Kecelakaan

Kerja Keras Tekan Angka Kecelakaan

\"RIO-PERINGATAN

BENGKULU, BE - Angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Indonesia tahun ini masih cukup tinggi. Berdasarkan data operasi ketupat selama 16 hari, jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 3048 kejadian, jumlah korban fatalitas meninggal dunia sebanyak 646 jiwa. Namun, jika dibandingkan dengan tahun 2014, jumlah ini mengalami penurunan. Tahun lalu, jumlah kecelakaan lalu lintas ada 3337 kejadian, jumlah korban fatalitas meninggal dunia ada 722 jiwa. Hal ini diungkapkan oleh Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Drs H M Ghufron MM MSi saat membacakan sambutan dari Kapolri Jenderal Pol Drs Badrodin Haiti dalam rangka memperingati HUT Lalu Lintas ke -60 .

\"Perkembangan situasi Kamseltibcarlantas tahun 2015 sampai dengan Juli, kejadian lakalantas 54.685 kejadian, jumlah korban meninggal dunia 13.210 orang, korban luka berat 13.414 orang,\"kata Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs H M Ghufron MM MSi saat membacakan amanat kapolri.

Lanjutnya, untuk luka ringan ada 61.501 orang dan kerugian materil sebesar Rp 199 Milyar. Sejak tahun 2011 telah dideklarasikan dan disepakati oleh negara-negara dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) program aksi keselamatan lalu lintas dan di Indonesia, dibuat kebijakan inpres nomor 4 tahun 2013 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) menciptakan 5 pilar. Secara nyata implementasi program unggulan keselamatan jalan refleksi dari decade of action adalah turunnya korban meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas angkutan jalan sebesar 50 persen. Dan rencana aksi tersebut visi Runk di Indonesia akan mewujudkan kondisi keselamatan jalan di Indonesia yang terbaik se- Asia Tenggara tahun 2035.

\"Misi RUNK yang akan dilaksanakan diantaranya perbaikan data kecelakaan lalu lintas angkutan jalan, menciptakan jalan berkeselamatan, menciptakan perjalanan yang berkeselamatan,\"ujarnya. Selain itu yakni menciptakan sadar tertib berlalu lintas dan pengutamaan keselamatan, menciptakan deterrent effect terhadap pelanggaran lalu lintas angkutan jalan dan menciptakan upaya pengurangan trauma.

Usai memberikan kata sambutan Kapolri dalam acara peringatan HUT Lantas ke- 60, Kapolda pun lalu memberikan helm secara gratis kepada para pengendara yang telah patuh dan taat dalam berlalu lintas.

\"Dalam amanat Kapolri juga sudah disampaikan, bahwa kecelakaan lalu lintas di tahun 2015 ini korban meninggal dunia masih cukup tinggi. Karena itulah, kita perlu kerja keras, sehingga di jalan raya itu betul-betul menjadi nyaman bagi semua pengguna jalan,\"kata Kapolda Bengkulu saat diwawancarai awak media.

Lanjutnya, sehingga setiap pengguna jalan saat sedang berada di jalan raya tidak ada perasaan was-was., karena bisa bergerak dari tempat satu ketempat lainnya dengan rasa nyaman, tidak ada rasa takut, khawatir terhadap kejadian kecelakaan lalu lintas. Adapun tujuan dari membagikan helm untuk para pengendara yang melintas yakni, karena helm akan melindungi bagian yang sangat penting di tubuh manusia yakni kepala.

\"Kalau kita ini bisa menjaga diri kita dengan baik di jalan, dan jalan ini menjadi nyaman, saya yakin, orang akan senang berada dijalan,\"imbuhnya.

Dalam acara HUT Lalu Lintas ke-60 kemarin (22/09) sekitar pukul 07.30 WIB, turut hadir Direktur Rakyat Bengkulu (RB) Media Grup HM Muslimin, General Manager Bengkulu Ekspress Soekatno, Wakapolda Bengkulu Kombes Drs Adnas MSi, Dirlantas Polda Bengkulu Kombes Pol Benny Ali S.IK SH, Kapolres Bengkulu AKBP Ardian Indra Nurinta SIk, Kasat Lantas Polres Bengkulu IPTU Sukma Pranata dan jajaran Polda Bengkulu lainnya.

Dikesempatan itu pula Dirut RB Media Grup HM Muslimin memberikan kejutan kue ulang tahun Lantas kepada Kapolda Brigjen Pol Drs H M Ghufron. Tak hanya itu saja, Dirlantas Polda Bengkulu Kombes Pol Benny Ali S.IK SH yang sebentar lagi akan pindah tugas juga diberikan karikatur dari GM Bengkulu Ekspress Sukatno MSi.(927)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: