Seminar Entrepreneurship “Berdiskusi Bersama Pengusaha Bengkulu”

Seminar Entrepreneurship “Berdiskusi Bersama Pengusaha Bengkulu”

Entrepreneurship atau kewirausahaan pada dasarnya adalah suatu semangat, sikap , perilaku dan dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan peayanan yang terbaik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Jadi dapat disimpulkan bahwa seorang enterpreneur atau pelaku wirausaha adalah orang yang melakukan usaha/kegiatan sendiri  dengan segala kemampuan yang dimilikinya sedangkan kewirausahaan adalah sikap mental yang dimiliki seorang wirausaha dalam melaksanakan suatu kegiatan/usaha.\"IMG_20150913_094731\"

Mungkin bagi orang awam, istilah kewirausahaan terdengar tidak berhubungan atau memiliki andil dengan pembangunan ekonomi negara karena kebanyakan wirausaha itu bersifat mandiri. Namun pada kenyataannya wirausaha mempunyai  andil  yang penting dalam pembangunan ekonomi. Ungkapan  bahwa tidak ada pertumbuhan ekonomi tanpa adanya wirausaha memang benar adanya.

David Mclelland, ilmuwan dari Amerika Serikat menyatakan bahwa suatu negara dapat dikatakan makmur apabila memiliki jumlah wirausaha minimal 2% dari jumlah keseluruhan penduduknya. Kewirausahaan mampu  menciptakan lapangan kerja baru, penghasilan baru, inovasi baru yang dapat menciptakan nilai tambah sehingga dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional. Bagaimana dengan Indonesia? Pertumbuhan ekonominya masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara tetangganya seperti Singapura. Tingkat pengangguran di Indonesia pun tergolong tinggi.  Oleh karena itu, sangatlah penting untuk membangun individu-individu berjiwa entrepreneur. Pribadi-pribadi yang kreatif, memiliki kemauan dan memampuan membangun usaha, melakukan kontrol, memiliki integritas, suka menaklukkan tantangan, pandai melihat dan memanfaatkan peluang, berani mengambil resiko dan terbiasa  dalam mengambil keputusan yang tepat dengan cepat di Indonesia, khususnya di Bengkulu.

Kesadaran dan kepedulian akan pentingnya membangun jiwa entrepren\"IMG_20150913_092243\"eurship generasi muda Bengkulu mendorong lembaga konsultan Psikologi People Psychology Consulting bekerjasama dengan  komunitas Bengkulu Destination mendirikan Entrepreneur Club dan  mengadakan Seminar Wirausaha, “Berdiskusi bersama Pengusaha Bengkulu” pada hari Minggu, 13 September 2015 di Splash Hotel.

Dalam seminar ini, para peserta mendapatkan ilmu, motivasi dan juga berbagai tips dan trik dalam membangun dan mengembangkan usaha langsung dari para pelaku bisnis seperti Bapak H. Mujadi (Pemilik Surya Bakery, Air minum Hanun, Wahana Surya, dll.), Riki (Kedai Kopi Luwak), Indah Syoraya S.Psi., MA. (Konsultan Psikologi dan HRD) sebagai pembicara utama sedangkan untuk pembicara tamu ada Dian Lestari S.Psi., M.Psi (Lembaga Konsultasi Psikologi People Psychology Consulting), Sefta Kurniawa, S.Pd (Bengkulu Destination), Andriadi, M.A (Pengusaha Kursus Bahasa Inggris Ambassador), Agus (Ketua Pengusaha Hidroponik Bengkulu), Frangky (Pengusaha kebab Baba Rafi Bengkulu).

Para peserta seminar wirausaha ini juga otomatis terdaftar menjadi anggota Entrepreneur Club yang diprakarsai oleh Bengkulu Destination. Entrepreneur Club ini merupakan wadah bertemu dan bertukar informasi mengenai tips-tips dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kewirausahaan bagi para pengusaha lokal Bengkulu maupun khalayak yang memiliki ketertarikan akan dunia wirausaha. Untuk kegiatan kedepannya dari Entrepreneur Club yang terbentuk ini akan mengadakan kegiatan PIKNIK dan Kunjungan Usaha. Untuk informasi dan Pendaftaran hubungi : @bengkuludestination

Acara Seminar ini diselingi dengan kuis-kuis yang menarik dan pemberian doorprize mendapatkan respon yang positif dilihat dari antusiasme yang ditunjukkan 140 orang peserta seminar selama acara seminar berlangsung. Selain sebagai sarana mencari ilmu dan inspirasi bisnis, acara seminar wirausaha ini juga menjadi tempat bertemu atau silaturahmi para pengusaha lokal Bengkulu.  Acara seminar wirausaha ini juga didukung oleh para pengusaha lokal Bengkulu yang menjadi sponsor diantaranya adalah, PEOPLE PSYCHOLOGY CONSULTING, Bengkuluekspress.com, Roti Surya, L-Baas FM, Bengkulu Ekspress TV,  SPLASH HOTEL , BENGKULU DESTINATION ,Sheren Hijab, , kangen water , SURYA bakery, L-baas.fm , BE TV, @shopaholictique, @bengkulusosisbakar , @mentocake, @oeicake ,@calistaashop, @qiewryshop, @obiestore, @pie_cesofdessert, @meihimeshop @adindakhailanieos @adindakhailanie_shoes @rr_stuff ,@puputmingshop @SFSBKL COMMUNITYKedai Kopi Luwak Bengkulu. (Rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: