Kades Bimtek Keuangan Desa

Kades Bimtek Keuangan Desa

TAIS, BE- Selangkah lagi seluruh desa telah menyelesaikan penerimaan Dana Desa, baik dana berasal dari APBN maupun APBD Seluma. Bahkan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa(ADD) untuk tahap kedua kembali digulirkan ke 182 desa di Kabupaten Seluma. Hanya saja, sebelum anggaran dikucurkan kembali seluruh perangkat desa dan kepala desa terlebih dahulu mengikuti bimbingan teknis (bimtek) sistem Alplikasi keuanggan Desa(Simda).

“Sekalipun untuk tahap II anggran desa telah tersedia di kas daerah sebesar Rp 19 miliar. Kita terlebih dahulu wajib memberikan bimtek terhadap perangkat desa dan Kades. Dengan harapan seluruh desa bisa mempertanggungjawabkan anggaran yang telah ada,” sampai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendapatan

Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Seluma Deddy Ramdhani SE MSE MA pada BE kemarin. Dengan bimtek ini diharapkan kades dan perangkatnya bisa mensinergikan penggunaan anggaran yang telah dipergunakan ditahap awal, sehingga ditahap ke II semakin mudah dalam menggunakan anggran.Terpenting bimtek ini bisa memberikan arahan dan memberi tahu agar mudah dalam memberikan surat pertangung jawaban dalam penggunaan anggaran yang telah ada.

“Yang jelas kita juga harus menerima laporan penggunaan anggaran dana desa tahap awal tersebut termasuk pencapaiannya sejauh mana,” singkatnya. Deddy menegaskan, waktu pelaksanaan Bimtek masih menunggu laporan dari penggunaan anggaran apakah sudah terealisasi atau belum.

“Kita masih menunggu jadwal yang tepat. Kegiatan ini dilakukan sekitar bulan September atau Oktober mendatang,” sampainya.

Untuk tahap awal dana desa berasal dari APBN ditranfer sebesar 40 persen. Untuk tahap kedua, kembali dikucurkan 40 persen. Pembedanya, jika tahap pertama dikucurkan secara terpisah antara dana desa bersumber APBD dan APBN untuk tahap kedua dikucurkan bersamaan sebesar 40 persen.

“Tetap tahap II ini besarannya sebesar 40 persen dari sisa anggaran yang sudah dikirimkan ke rekening desa masing-masing,” bebernya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: