Penerima Jamkesda Harus Tepat Sasaran

Penerima Jamkesda Harus Tepat Sasaran

TUBEI, BE - Wakil Ketua I DPRD Lebong, Ropi Elyan Joni SE mendesak agar peberian kartu jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) bagi warga Lebong harus tepat sasaran. Menurutnya, selama ini pemberian kartu Jamkesda belum jelas sehingga banyak warga yang layak mendapatkan Jamkesda namun tidak mendapatkannya.

Ropi juga meminta agar pendataan Jamkesda harus melibatkan pihak aparatur desa karena mereka yang lebih tahu waga yang layak mendapatkannya. \"Di tahun 2012 yang lalau kita masih melihat pemenerima Jamkesda belum jelas. Masih banyak warga yang layak mendapatkan kartu Jamkesda namun mereka tidak mendapatkannya. Kita melihat hal ini terjadi karena pendataan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan belum melibatkan aparatur desa. Padahal pemerintah desa lah yang lebih paham siapa-siapa saja warga yang layak mendapatkannya,\" kata Ropi.

Dia juga mempertannyakan sistem pembiyaan Jamkesda, termasuk apakah dana yang di alokasikan pada tahun 2012 sudah habis atau masih ada yang tersisa termasuk sistem pelayanan yang diberikan kepada penerima kartu Jamkesda.

\"Sampai sekarang kita tidak tahu apakah dana yang dialokasikan untuk pendanaan jamkesda tersebut habis, kurang atau masih tersisa, termasuk berapa dana pertanggunan untuk 1 orang peserta Jamkesda perbulannya. Harapan kita pihak dinas Kesehatan dapat menjelskan hal ini kepada masyarakat,\" kata Ropi.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Lebong, dr Iwan Suwarsa mengatakan, dalam melakukan pendataan calon penerima Jamkesda pihaknya sudah melibatkan petugas kesehatan bekerjasama dengan pemerintahan di desa. Kemudian calon penerima Jamkes ini yakni warga yang memiliki KTP Lebong. \"Diutamakan warga yang tingkat perekonomiannya menegah ke bawah. Sebagian besar akan disertakan sebagai peserta Jamkesmas dan yang tidak terakomodir Jamkesmas diikutkan dalam program Jamkesda,\" kata Iwan.

Ditambahkan Iwan, nilai pertanggungan bagi peserta Jamkesda yang dibiayai APBD yakni sebesar Rp 5 ribu/orang/bulan selama 1 tahun. Program Jamkeda Lebong ini bekerjasama dengan PT Askes. \"Setiap peserta pemegang kartu Jamkesda ini bisa berobat ke seluruh rumah sakit pemerintah di Provinsi Bengkulu yang telah memiliki kerjasama dengan PT Askes. Misalnya RSUD Lebong, RSUD M Yunus, RSUD Curup dan RSUD lainnya. Untuk kelas pelayananya baru untuk standar Kelas III. Sedangkan bagi peserta Jamkesmas tingkat pelayananya sampai ke RSU rujukan nasional di Jakarta \" pungkas Iwan.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: