Harapkan Irigasi di Kaur Diperbaiki

Harapkan Irigasi di Kaur Diperbaiki

KAUR UTARA, BE - Irigasi Pulau Kabu Kecamatan Kaur Utara, Kabupaten Kaur, saat ini sudah rusak sangat dibutuhkan warga sekitar, khususnya petani sawah.

Pasalnya, saat ini debit air di saluran irigasi itu sudah mengeceil, padahal ada ada ratusan penduduk yang menggarap sawah di sekitar lokasi saluran irigasi tersebut.

“Untuk saat ini masih kecilnya debit air yang ada di irigasi itu, sehingga belum bisa mengairi seluruh sawah penduduk dengan maksimal,” kata anggota DPRD Kaur, Rahmatin Hidayat, kemarin.

Politisi Partai Gerindra yang saat ini diberikan amanah warga untuk mewakili suara mereka di parlemen DPRD Kaur itu mengatakan, sebagian besar warga yang mempunyai persawahan di wilayah tersebut berharap pemerintah baik kabupaten maupun provinsi meningkatkan kualitas irigasi Pulau Kabu.

“Harapan warga dilakukan peningkatan sebab debit air saat ini tidak terlalu mencukupi kebutuhan irigasi di sejumlah persawahan,” paparnya.

Ditambahkannya, saat ini setidaknya 200 hektar lahan persawahan warga yang terdapat di lokasi hamparan pulau kabu. Dari jumlah itu sekitar 40 persen belum menerima air irigasi dengan baik dan terpaksa melakukan alternatif dengan membangun siring cacing atau siring kecil untuk dapat mengaliri sawahnya.

“Tapi hasilnya tidak maksimal, kalau irigasi ini ditingkatkan maka akan membuat petani kembali bergairah dan tentunya hasil panen padi akan jauh lebih meningkat,” tutupnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: