Kesulitan Air Bersih

Kesulitan Air Bersih

LUKANG KULE,BE- Warga Desa Tanjung Kurung Kecamatan Lukang Kule Kabupaten Kaur, belakangan kelimpungan untuk bisa mendapatkan air bersih. Di desa tersebut di musim kemarau seperti ini, banyak sumur warga kering. Bahkan, meski sumur cukup dalam air tetap habis. “Semenjak musim kemarau ini kami kesulitan mendapatkan air bersih untuk masak, dan kami setiap hari harus cari air ke sungai,” kata Aprin (45), salah satu warga sekitar kemarin.

Dikatakannya, sumur warga di desa Tanjung Karung dengan kedalaman sekitar 20 meter itu, sumbernya tidak mengalir sejak beberapa pekan terakhir ini. Biasanya, di jika mata air warga sekitar mendapatkan air meskipun antre. Tidak hanya di Desa Tanjung Kurung, namun beberapa desa lainnya juga mengalami kekeringan. “Sejak sumur ini kering, warga mencari ke sumur yang masih terdapat sumber air. Biasanya jaraknya sekitar dua kilometer berjalan kaki dengan membawa timba untuk mengambil air,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tanjung Kurung Minsaleh mengakaui jika beberapa terakhir ini warganya kesulitan mendapatkan air bersih. Juga pada musim kemarau, biasanya ada warga yang menjual air yang diambil dari sumur dengan menggunakan mesin pompa air. “Warga disini kadang beli air untuk masak, kalau untuk mandi biasanya ke sungai, dan itu pun jaraknya jauh. Kami minta pemerintah mencari solosinya masalah ini,” harap Kades.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: