Dinkes Dapat DAK 5 Gedung

Dinkes Dapat DAK 5 Gedung

TAIS, BE-Tahun anggarana 2013 ini Pemkab Seluma memastikan akan menambah bangunan gedung Puskesmas, Poskesdes dan Pustu. Sekurangnya akan ada 5 gedung pada 5 lokasi desa yang akan dibangun. Namur, laokasi pembangunannya sejauh ini masih belum ditentukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma.

Menurut Kepala Dinkes Seluma, H Yansyah Nawawi SKM MKes, penambahan sarana dan prasana kesehatan terdiri dari 2 unit Poskesdes, 2 unit Pustu dan 1 unit Puskesmas. \"Tahun ini kita telah merencanakan akan melakukan pembangunan beberapa sarana dan prasarana. Cuma Sekarang kita masih memusyawarahkan dimana saja yang akan dijadikan lokasi pembangunannya,” katanya.

Anggaran yang akan digunakan untuk menjalankan aprogram tersebut, lanjutnya, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sudah memastikan pemberian dana untuk pembambahan fasilitas kesehetan tersebut ke Dinkes Seluma. Bahkan, kepastian dana tersebut pun dapat dikatakan sudah di dalam genggaman tangan.

Terkait penetapan lokasi, lanjut Yansyah, pihaknya melakukan kajian mencari skala prioritas wilayah yang dianggap Sangat mendesak membutuhkannaya. Di sisi lain penambahan sarana kesehatan itu juga menjadi bagian dari program upaya meningkatkan derajat kehidupan masyarakat di bidang kesehatan. “Ini juga merupakan salah satu program Millenoum Development Goals atau MDG’s. Yakni, tercapainya penurunan Angka Kematian Ibu atau AKI pada tahun 2014 dan 2015,” terang Yansyah tapi tak menuturkan aberapa anggaran yang sudah di tangan Dinkes itu. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: