Sultan Penggagas Bersihkan Pantai Panjang

Sultan Penggagas Bersihkan Pantai Panjang

\"WAGUBJadikan Bengkulu Sebagai Bali Kedua

BENGKULU, BE – Memang tak terbantahkan bahwa salah satu simbol kemajuan Provinsi Bengkulu adalah Pantai Panjang. Namun siapa sangka pantai kebanggaan masyarakat Bengkulu ini lima tahun lalu hanyalah sebuah tempat yang dikonotasikan dengan hal-hal yang negatif. Langkah besar menyulap Pantai panjang diawali dengan program bersih pantai setiap jum’at yang digagas oleh Sultan B Najamudin.

“Kita mau pantai kita bersih dan itu butuh kerja nyata denga bergotong-royong memberihkannya,” ungkap Sultan.

Pantai panjang waktu itu tidak semenarik seperti sekarang ini. Jalannya masih sempit sehingga terasa susah untuk kendaraan berpapasan. Kanan dan kiri jalan ditumbuhi rumput yang tinggi. Kondisi pantai tidak terawat. Sementara fasilitas yang sangat tidak memadai, hanya terdapat gubuk-gubuk kecil yang dijadikan warung sekaligus tempat hiburan malam.

Namun kini, Pantai Panjang Bengkulu memiliki keindahan wisata bahari yang tidak bisa dilewatkan. Pasir putih sepanjang 7 km dan air laut yang jernih jadi andalan Pantai Panjang. Pantai ini siap jadi tujuan wisata baru baik masyarakat dari dalam maupun luar negeri.

Terletak 1,5 km dari barat Kota Bengkulu, pantai ini telah terkenal sebagai objek wisata paling diminati di Bengkulu. Bagaimana tidak, pasirnya putih, pantainya landai dan airnya pun jernih. Terlebih, pantai ini memiliki garis yang panjangnya tidak main-main, 7 Km.

Pantai Panjang memiliki jarak titik pasang dan titik surut yang lumayan jauh, yaitu 500 meter. Hal ini tentu membuat pantai ini lebih indah saat surut karena hamparan pasir putihnya jadi semakin luas. Pengunjung tidak hanya menemukan warna biru dari laut dan putih dari pantai, tapi juga hijau dari pepohonan.

Pepohonan inilah yang membuat suasana semakin sejuk dengan pemandangan hijaunya dan angin yang memanjakan para pengunjung. Di kawasan pasirnya, terdapat deretan pohon kelapa yang siap melambai seakan mengajak Anda bermain ke sana.

Biarkan kaki Anda terlepas dari alasnya sebentar dan rasakan pasir halus nan lembut yang menyelinap di antara jari kaki. Rasakan segarnya air pantai yang biru jernih tanpa takut terseret ombak. Pantai ini memiliki ombak yang cenderung tenang. Bibir pantainya pun bisa dibilang aman karena tidak ada karang, jadi tak perlu khawatir tersandung karang saat berenang.

Datanglah pada sore hari jika ingin melihat keajaiban alam Bengkulu. Pantai Panjang memiliki sunset yang pasti membuat Anda tak rela mengedipkan mata. Langit jingga memantulkan cahaya ke air yang membuat laut menjadi perak keemasan. Belum lagi sang surya yang perlahan tenggelam ke balik laut, sungguh memukau.

Anda bisa lari sore sambil menunggu matahari tenggelam. Jika tidak ingin berkeringat, Anda bisa menikmati keindahan alam Pantai Panjang dari warung-warung yang ada di sepanjang pantai. Jangan lupa untuk minum es kelapa segar yang baru dipetik dari pohonnya.

Beberapa penginapan siap jadi pilihan Anda jika ingin menikmati pantai ini lebih dari sehari. Pilih sendiri penginapan favorit Anda dan nikmati Pantai Panjang.

Setelah sukses penyulap pantai menjadi Bali kedua ini, Sultan tidak lantas berpuas diri. IOa terus berkomitmen membangun pantai tersebut agar menjadi salah satu icon Bengkulu.

\"Walaupun jalannya sekarang sudah bagus, tapi berbagai fasilitas lainnya juga perlu ditambah agar setiap pengunjung semakin nyaman dengan yang lengkap dan coraknya khas asli Bengkulu,\" imbuhnya.

Selain berupa melengkapi fasilitas seperti kamar kecil, gerbang masuk yang megah, masih ada pekerjaan besar yang harus dituntaskan yakni menjaga kebnersihan pantai. Karena sejauh ini untuk menjaga kebersihan pantai tersebut dikatakan sangat sulit, meskipun jajaran FKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu sudah beberapa kali menggelar Jumat bersih. Namun setelah kebersihan selesai, sampah pun kembali berserakan.

\"Saya akan cari pola yang tepat bagaimana caranya untuk menjaga kebersihan pantai kita ini. Saya rasa tidak terlalu sulit, karena saat membuka pantai panjang awal dulu saja saya bisa, padahal tidak sedikit pihak yang menolak,\" pungkasnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: