39 Siswa Raih Nilai Sempurna

39 Siswa Raih Nilai Sempurna

BENGKULU, BE- Perolehan nilai hasil ujian nasional telah dibagikan dan berada di sekolah. Bahkan pihak sekolahpun telah merapatkan hasil kelulusan siswa mereka. Terlebih pengumuman kelulusan jenjang SMP sederajat akan dilakukan hari ini (10/6).

Berdasarkan Informasi yang dikumpulkan BE, dari 39 siswa yang memperoleh nilai sempurna atau sepuluh diketahui 32 siswa berasal dari kota Bengkulu, sisanya menyebar di daerah.

Rincianya 27 siswa nilai 10 mata pelajaran Matematika, 4 siswa nilai 10 mata pelajaran Bahasa Inggris dan satu siswa dengan nilai 10 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Menariknya dari 32 siswa itu, satu siswa memperoleh dua nilai sempurna atasnama Hafifah Hardini siswa SMPIT Kota Bengkulu. Ia mampu memperoleh nilai sepuluh untuk mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hafifah juga memperoleh nilai 90,00 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sehingga total nilai Unas yang diperoleh sebesar 380. Nilai tersebut diprediksi menjadi nilai tertinggi se-provinsi Bengkulu, dan di tingkat kota Bengkulu.

Sementara itu ke-32 siswa nilai sempurna itu tersebar di empat sekolah rincianya, 14 siswa di SMPN 1 Kota Bengkulu, 8 siswa di SMP IT Kota Bengkulu, 5 Siswa di SMPN 2 Kota Bengkulu dan 3 siswa di SMPN 4 Kota Bengkulu, (lihat grafis-red)

Kepala SMPN 1 Kota Bengkulu, Idiarman SPd saat dikonfirmasi membenarkan jika ada siswanya yang memperoleh nilai sempurna. Namun ia enggan membeberkan siapa saja siswa peraih nilai unas tertinggi tersebut. Hal yang sama diungkapkan Kepala SMPIT Kota Bengkulu, Winarko.

Sementara itu proses pelaksanaan pengumuman rencananya dilakukan secara serentak pada pukul 14.00 wib, seperti diungkapkan Kepala SMPN 12 Kota Bengkulu, Muktarimin SPd diamini Kepsek SMPN 24, Suharto SPd. Waktu pengumuman sudah menjadi keputusan bersama pada Musyawarah Kerja Kepala Sekolah, dengan pertimbangan bahwa pada pagi hari sekolah masih disibukkan dengan proses ujian akhir semester, dan demi keamanan para siswa untuk tidak melakukan aksi konvoi dan aksi corat coret, maka pengumuman dilakukan siang hari, dengan cara hasil pengumuman diambil walimurid.

Sementara itu hingga berita ini diturunkan, Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu belum mengetahui berapa jumlah siswa yang tidak lulus. Hanya saja dari 32.129 peserta unas jenjang SMP/SMPLB yang tidak mengikuti ujian nasional dan terdaftar sebanyak 180 orang rincianya. Mereka ini secara otomatis dinyatakan tidak lulus karena tidak memenuhi kriteria kelulusan.

Sedangkan dari hasil Unas, hanya 3 orang dinyatakan tidak lulus unas karena tidak mengikuti ujian nasional secara penuh. \" Nilai unas di hari kedua dan ketiga, sedangkan nilai dihari pertama kosong, dan tidak mengikuti ujian susulan, \". kata Ketua panitia ujian nasional Dispendik Provinsi Bengkulu, R Wahyu DP.

Dispendik, kata Wahyu baru akan merilis rerata jumlah nilai ujian nasional provinsi Bengkulu, sekaligus merilis jumlah nilai Unas tertinggi siswa dengan nilai sempurna. \" Semuanya akan kita berikan datanya besok (hari ini), setelah ada rilis dari Kementerian, \" jelasnya.

Di sisi lain, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Dra Hj Rosmayetti MM mengapresiasikan terhadap prestasi para siswa dan siswi kota Bengkulu. \" Inilah bukti kejujuran para siswa, selain nilai yang bervariasi, mereka juga mampu memperoleh nilai terbaik dan sempurna, \" katanya.

Prestasi ini perlu dipertahankan, dan inilah pekerjaan Rumah kita yang paling berat untuk tahun depan. Rosmayetti juga mengucapkan rasa syukur, atas kerjakeras para guru yang telah menjadi tenaga pendidik yang profesional sehingga membentuk anak didik yang berkualitas pula. Pun begitu, masih banyak siswa yang nilainya masih dibawah rata-rata, kedepanya perlu pembinaan, kita akan rangkul sekolah agar lebih baik lagi.

Dinas Dikbud, kata Rosmayetti akan memberikan reward bagi para siswa dengan nilai sempurna dan nilai tertinggi Unas ini. Anggaran untuk reward telah disediakan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah. Bentuk reward itu masih dibicarakan. Dikbud juga tidak akan melupakan jasa guru dan upaya sekolah untuk mendidik anak-anaknya, untuk itu pihak sekolah dan dewan guru khusus di mata pelajaran yang mendapatkan nilai sempurna akan diberikan penghargaan. \" Yang mengajar khusus mata pelajaran itu, dan sekolah juga akan diberi reward,\" pungkasnya. (247) Siswa dengan peroleh nilai 10 Matematika 1. Annisa Tri Wahyuni (SMPN 1) 2. Muhammad Pandu Dwi Cahyo (SMPN 1) 3. Amalia Nailul Husna (SMPN 1) 4. Andi Susanto (SMPN 1) 5. Dia Triyani Putri (SMPN 1) 6. Intan Nadilla Permata Sar (SMPN 1) 7. Marsha Fadil Nugraha ( SMPIT) 8. Lovani Falendita Andri (SMPN 1) 9. Muhammad Disa Syafrizal (SMPN 1) 10. Varian Elrama Millenando (SMPN 1) 11. Wahyu Bornok Augus Sinurat (SMPN 1) 12. Ghina Khoerunnisa ( SMPIT) 13. Maretza Hesti Nugrahani (SMPIT) 14. Filzan Thahirah Amanina (SMPIT) 15. Annisa Rahma Saphira (SMPIT) 16. Fitri Mutiasari (SMPIT) 17. Hauranda Aqilah (SMPIT) 18. Hafifah Hardini (SMPIT) 19 Dhira Salsabila (SMP 4 Kota Bengkulu) 20. Kiki Fariza (SMP 4 Kota Bengkulu) 21. Mardhatila (SMP 4 Kota Bengkulu) 22. Nora Pika Anggraini (SMPN 2 Kota Bengkulu) 23. Muhammad Reza Attariq Kori (SMPN 2 Kota Bengkulu) 24. Niken Fuji Lestari (SMPN 2 Kota Bengkulu) 25. Adilla Metri Rahma (SMPN 2 Kota Bengkulu) 26. Dhiya Salsabila (SMPN 2 Kota Bengkulu) 27. Nur Aisyah Irma Putri (SMPN 2 Kota Bengkulu) Bahasa Inggris 1. Kevin Chastin Suryanti ( Bahasa Inggris, (SMPN 1) 2. Anindita Nur Rahmatiah ( Bahasa Inggris, (SMPN 1) 3. Aditya Rizki Ananda ( Bahasa Inggris, (SMPN 1) 4. Safira Adzan ( Bahasa Inggris, SMPN 1) IPA 1. Hafifah Hardini (SMPIT)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: