Belanja Modal Rp 8,7 M

Belanja Modal Rp 8,7 M

TAIS, BE-Pada tahun 2015 ini, total belanja modal dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Seluma berjumlah Rp 145,3 M. Hanya saja, hingga pertengahan bulan juni ini baru terserap sebesar Rp 8,7 M. Penyerapan anggaran belanja modal ini berdasarkan sejumlah pekerjaan lelang dan perencanaan pekerjaan fisik tahun 2015 sebanyak 104 paket pekerjaan yang telah terealisasi.

“Anggaran yang telah terserap sebanyak 104 paket pekerjaan baik itu yang telah di lelang fisik pekerjaan. Termasuk penunjukan langsung baik pekerjaan maupun perencanaan,” sampai Kabag Administrasi Pembangunan Supardi SSos didampingi Sekretaris Heri Isnaini ST MM kepada BE kemarin.

Disampaikannya, penyerapan anggran pembangunan ini juga akan bertambah. Mengingat telah dilakukan lelang sebanyak 42 paket, 31 paket diantaranya sudah melalui lelang di LPSE. Ada pula yang melalui ULP sebanyak 150 paket pekerjaan. Heri Isnaini menjelaskan, di tahun 2015 ini ada sebanyak 535 paket pekerjaan maupun perencanaan yang diakomodir dalam APBD Seluma.

“Disetiap SKPD juga ada penunjukan langsung pekerjaan maupun penujukan perencanaan. Mengingat SKPD memiliki nilai pekerjaan nominal kecil begitu juga perencanaannya,” sampainya. Untuk penyerapan anggaran lebih lanjut, Bagian Pemerintahan dan Pembangunan merencanakan melakukan rapat Teppa kembali. Seluruh SPKD wajib ikut hadir dalam rapat tersebut. Dengan mengetahui seberapa besar penyerapan yang telah dilakukan setiap SKPD tersebut.

“Ini bagian dari kontrol dari penyerapan anggran dan seberapa jauh penyerapan yang tengah dilakukan,” sampainya.

Selain itu, rapat yang dijadwalkan tanggal 17 Juni mendatang itu juga untuk mengetahui setiap SKPD yang lamban dalam penyerapan anggaran. Mengingat saat ini pembangunan memanglah sangat dibutuhkan. Dengan demikian SKPD juga wajib meyampaikan alasan keterlambatan penyerapan anggran tersebut.

“Kita juga berharap jelang dilakukan rapat Teppa tersebut jumlah penyerapan anggran ini semakin bertambah. Mengingat ini merupakan pencairan tahap awal dari sebuah pekerjaan,” singkatnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: