Jurnalis Lingkungan Dikukuhkan

Jurnalis Lingkungan Dikukuhkan

\"RIO-PENGUKUHAN

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah mengukuhkan Asosiasi Jurnalis Lingkungan The Society of Enviromental Journaliast (SIEJ) simpul Bengkulu di Balai Semarak Gedung Daerah Provinsi Bengkulu, kemarin. SIEJ beranggotakan berbagai wartawan dari media lokal dan nasional baik media cetak, elektronik serta media online. Dipercaya sebagai koordinator SIEJ simpul Bengkulu, Marini Sipayung, wartawan dari Kantor Berita Antara Bengkulu.

Ketua umum SIEJ, Iggmahadi mengatakan, SIEJ merupakan lembaga non profit yang beranggotakan wartawan dari berbagai media di Indonesia. Mereka memiliki misi peduli terhadap lingkungan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas lingkungan hidup. \"SIEJ dibentuk seiring dengan media massa yang terus tumbuh dengan berbagai dimensinya. Seharusnya wartawan lingkungan juga turut berkembang,\" sampainya.

Berangkat dari hal tersebut SIEJ akan bekerjasama dengan pemerintah guna menyelesaikan permasalahan lingkungan di Indonesia termasuk Provinsi Bengkulu. \"Ini penting bagi jurnalis untuk bekerjasama dengan semua pihak baik pemerintah, kepolisian, TNI dan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup demi kesejahteraan bersama. Jurnalis tak hidup di ruang hampa. Ia tak berdiri sendiri,\" kata Iggmahadi.

Lanjut Iggmahadi, semua orang berhak atas lingkungan yang sehat. Oleh karena itu wartawan yang tergabung dalam SIEJ Bengkulu akan beraksi dengan melihat langsung masalah yang ada. \"Wartawan tidak hanya menulis tapi juga turun langsung ke lapangan untuk melihat permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini,\" ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, H Junadi Hamsyah mengatakan, pengukuhan yang dilakukan pada 5 Juni 2015 ini merupakan titik awal dari wartawan untuk menanamkan kesadaran masyarakat agar peduli terhadap lingkungan. Ia menilai penanaman kesadaran terhadap masyarakat agar peduli terhadap lingkungan memang sulit. Namun hal tersebut perlu dilakukan guna kepentingan bersama. Setelah pengukuhan ini, gubernur meminta rekomendasi dari SIEJ untuk membuat program-program peduli lingkungan. \"Kita meminta rekomendasi dari SIEJ untuk membuat program peduli lingkungan yang tidak merugikan berbagai pihak. Coba tata kembali lingkungan hidup dengan menghormati semua pihak baik investor dan masyarakat,\" kata gubernur. (Angga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: