Tes CPNS Diprediksi Agustus

Tes CPNS Diprediksi Agustus

\"testBENGKULU, BE - Selain sudah mengusulkan formasi CPNS yang akan diterima tahun ini ke KemenPAN dan Reformasi Birokrasi, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga sudah menyiapkan anggaran pelaksanaan tes CPNS tersebut. Anggaran yang untuk tahun ini diplotpun tidak jauh beda dibandingkan tahun lalu yakni sebesar Rp 800 juta dalam APBD Provinsi Bengkulu tahun 2015 ini.

Asisten III Setda Provinsi Bengkulu, Ir Drs H Sudoto MPd mengungkapkan, anggaran itu untuk membiayai semua rangkaian pelaksanaan tes, mulai dari pengumuman pendaftaran hingga pembagian SK dan pembekalan.

\"Anggaran itu juga termasuk untuk menyewa komputer yang digunakan peserta saat tes, biaya operasional dan biaya lainnya yang dikeluarkan berkenaan dengan tes CPNS tersebut,\" ungkap Sudoto.

Meski anggaran tersebut dinilai sangat terbatas, maka Pemprov melalui Panitia Seleksi Daerah akan berupa menggunakannya sebaik mungkin, sehingga bisa menyelesaikan pelaksanaan tes tanpa harus kehabisan ditengah jalan.

Jika formasi yang diusulkan Pemprov diterima oleh KemenPAN, jadwal tes diperkirakan akan dimulai sekitar awal Agustus mendatang. Mengingat pelaksaan tes tahun ini sama seperti tahun lalu, yakni menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT) sehingga pelaksanaannya dipastikan tidak akan serempak.

\"Kalau kabupaten atau kota juga menggunakan fasilitas milik Universitas Bengkulu, maka Pemprov dijadwalkan lebih awak atau sebagai pemuka. Selanjutnya baru diikuti oleh kabupaten/kota hingga selesai,\" terangnya.

Disinggung mengenai peluang diterimanya formasi CPNS yang diusulkan Pemprov tersebut, Sudoto optimis akan ada formasi yang diterima, meskipun tidak semuanya. Karena pihak KemenPAN sendiri melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)-nya tidak sembarangan menerima usulan, melainkan banyak hal yang dipertimbangkan, seperti hasil analisis jabatan, proyeksi kebutuhan PNS selama 5 tahun kedepan dan persentase APBD yang digunakan untuk belanja PNS.

\"Kalau dilihat dari komposisi APBD, masih memungkinkan karena belanja pegawai kita maish dibawah. Demikian juga dilihat dari kebutuhan, karena formasi yang kita usulkan itu bukan hanya sebagai pelengkap, melainkan sangat dibutuhkan karena selama ini belum ada pegawai yang menempati posisi tersebut. Misalnya saja guru SLB, sejumlah dokter spesialis, dosen dan sejumlah formasi lainnya,\" paparnya.

Diketahui, jumlah kebutuhan yang diusulkan tahun ini mencapai 306 orang. Kuota terbanyak ada pada Dinas Pendidikan sebanyak 190 orang, mulai untuk tenaga guru Sekolah Luar Biasa (SLB), bimbingan konsling, termasuk juga ada kebidanan dan keperawatan lalu psikologi dan serta kesejahteraan sosial dan beberapa formasi lainnya seperti Fisioterapi dan Okupasi.

Rincian guru SLB yakni untuk Kota Bengkulu sebanyak 84 orang, untuk Kabupaten Mukomuko 9 orang, untuk Kepahiang 22 orang, Bengkulu Utara 14 orang, Bengkulu Selatan 31 orang, Curup 4 orang, Lebong 14 orang dan untuk Kabupaten Seluma 10 orang.

Tenaga kesehatan terbanyak di RSMY yakni dokter spesialis 17 orang dengan rincian dokter spesialis kulit dan kelamin 1 orang, dokter bedah syaraf 1, dokter spesialis operasi plastik 1 orang, dokter radiologi 2 orang, dokter spesialias paru 1, dokter spesialis anastesi 2 orang, dokter syaraf 1, dokter rehabilitasi medik 1, dokter forensik 1, dokter patologi klinik 1 orang dan dokter umum 3 orang.

Selain itu, Pemprov juga mengusulkan lulusan formasi SMP sebanyak 15 orang yang akan ditugaskan di Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Sedangkan untuk formasi SMA 18 orang dan SMK sebanyak 3 orang. Kemudian juga ada formasi untuk DI-DIII kesehatan mulai dari kebidanan, keperawatan. Ditambah lagi ada formasi tenaga teknis mulai dari teknik komputer, Assipora, Akuntansi, Hubungan Masyarakat Internasional dan Ekonomi.

Selain itu, pemprov juga mengusulkan sejumlah formasi lannya, seperti Dosen Poltekes 25 orang, petugas keamanan Satpol PP dengan kualifikasi pendidikan minimal SMA sebanyak 16 orang, tenaga perawat di rumah sakit khusus jiwa diusulkan 16 orang dan dokter psikologi klinik sebanyak 9 orang.

Kantor Perwakilan Provinsi Bengkulu di Jakarta juga mengusulan 4 orang CPNS, dengan rincian pranata humas dengan kualifikasi pendidikan S1 komunikasi 2 orang dan pranata komputer dengan kualifikasi pendidikan s1 Komputer 2 orang.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: