Usulan CPNS Pemprov Bengkulu Berubah

Usulan CPNS Pemprov Bengkulu Berubah

\"A_CPNS_5\"BENGKULU, BE - Usulan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Provinsi Bengkulu mengalami perubahan dari sebelumnya sebanyak 316 CPNS menjadi 306 orang. Perubahan tersebut ada beberapa formasi yang dirasionalisasikan dengan kebutuhan, sehingga dilakukan pengurangan sebanyak 10 orang.

Diketahui dari jumlah 306 formasi yang diusulkan tersebut, kuota terbanyak ada pada Dinas Pendidikan sebanyak 190 orang, mulai untuk tenaga guru Sekolah Luar Biasa (SLB), bimbingan konsling, termasuk juga ada kebidanan dan keperawatan lalu psikologi dan serta kesejahteraan sosial dan beberapa formasi lainnya seperti Fisioterapi dan Okupasi.

Rincian guru SLB yakni untuk Kota Bengkulu sebanyak 84 orang, untuk Kabupaten Mukomuko 9 orang, untuk Kepahiang 22 orang, Bengkulu Utara 14 orang, Bengkulu Selatan 31 orang, Curup 4 orang, Lebong 14 orang dan untuk Kabupaten Seluma 10 orang.

Tenaga kesehatan terbanyak di RSMY yakni dokter spesialis 17 orang dengan rincian dokter spesialis kulit dan kelamin 1 orang, dokter bedah syaraf 1, dokter spesialis operasi plastik 1 orang, dokter radiologi 2 orang, dokter spesialias paru 1, dokter spesialis anastesi 2 orang, dokter syaraf 1, dokter rehabilitasi medik 1, dokter forensik 1, dokter patologi klinik 1 orang dan dokter umum 3 orang.

Selain itu, Pemprov juga mengusulkan lulusan formasi SMP sebanyak 15 orang yang akan ditugaskan di Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Sedangkan untuk formasi SMA 18 orang dan SMK sebanyak 3 orang. Kemudian juga ada formasi untuk DI-DIII kesehatan mulai dari kebidanan, keperawatan. Ditambah lagi ada formasi tenaga teknis mulai dari teknik komputer, Assipora, Akuntansi, Hubungan Masyarakat Internasional dan Ekonomi.

Selain itu, pemprov juga mengusulkan sejumlah formasi lannya, seperti Dosen Poltekes 25 orang, petugas keamanan Satpol PP dengan kualifikasi pendidikan minimal SMA sebanyak 16 orang, tenaga perawat di rumah sakit khusus jiwa diusulkan 16 orang dan dokter psikologi klinik sebanyak 9 orang.

Kantor Perwakilan Provinsi Bengkulu di Jakarta juga mengusulan 4 orang CPNS, dengan rincian pranata humas dengan kualifikasi pendidikan S1 komunikasi 2 orang dan pranata komputer dengan kualifikasi pendidikan s1 Komputer 2 orang.

\"Jumlah kebutuhan tersebut sudah kami sampaikan ke KemenPAN dan Reformasi Birokrasi beberapa waktu lalu. Jumlah itu berdasarkan hasil analisis jabatan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan,\" kata Asisten III Setda Provinsi Bengkulu, Ir Drs H Sudoto MPd, Senin (1/5) kemarin.

Hingga saat ini pihaknya belum mendapat jawaban atas usulan tersebut, diterima semuanya atau tidak sama sekali. Pemprov pun berharap agar MenPAN mengakomodir usulan itu, mengingat yang diusulkan adalah tenaga yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugas penting.

\"Kita berharap semua usulan itu agar dapat diterima atau disetujui MenPAN, karena itu bukan berdasarkan selera kami, tapi berdasarkan hasil analisis jabatan,\" harapnya.

Untuk sistem pelaksanaan, Pemprov masih berkomitmen dengan menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT). Karena sejauh ini belum ditemukan sistem yang lebih dari sistem CAT untuk melaksanakan tes CPNS yang bersih, transparan, fair dan menghasilan CPNS yang berkualitas.

\"Kalau ada sistem yang lebih dari CAT, maka kita akan menggunakan sistem itu. Jika belum ada, maka kita tetap menggunakan CAT karena sejauh ini sistem CAT adalah satu-satunya sistem yang menjamin pelaksanaan tes tanpa kecurangan,\" tandas Sudoto.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: