Pedagang Harapkan Modal

Pedagang Harapkan Modal

\"pengelapanCURUP, BE - Sejumlah perdagang Pasar DE Curup berharap tahun 2013 Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL), memiliki program bantuan modal usaha kepada para pedagang untuk mengembangkan usaha mereka.  Hal itu disampaikan pedagang kepada Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Kabupaten RL Hj. Susilawati SE MM, dalam kegiatan dialog terbuka bersama ratusan pedagang Pasar DE, Minggu (6/1).

Selain berharap ada bantuan modal usaha, para pedagang juga meminta pemerintah daerah bisa mengaktifkan kembali terminal Pasar DE Curup yang sudah lama tidak berfungsi, serta berharap pengurangan nilai retribusi kali lima. \"Kebanyakan kami hanya efektif bisa berjualan sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, sehingga penghasilan kami tidak menentu karenanya kami berharap ada pengurangan nilai retribusi. Kami juga membutuhkan bantuan modal untuk kegiatan usaha kami agar bisa berkembang, dengan bunga yang ringan,\" tutur Saiful (40) pedagang beras di los tertutup Pasar DE Curup, kemarin.

Terkait aspirasi tersebut, Kadispenda menjelaskan, besaran nilai retribusi tersebut telah diatur dalam Peraturan Daerah, sehingga tidak bisa dilakukan pengurangan nilai.  Hanya saja dengan kondisi Pasar DE yang sudah semakin baik, pasca perombakan gedung, diharapkan bisa membantu meningkatkan penghasilan pedagang.

Sedangkan untuk bantuan modal, Kadispenda menjelaskan program tersebut bisa diajukan kepada Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kabupaten RL, yang menangani program tersebut.  \"Ada sebentuk program bantuan pinjaman modal bidang koperasi kepada masyarakat.  Pedagang dapat mengajukan modal pada program tersebut, tentunya setelah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Jika perlu nanti kita siapkan kantor khusus untuk melayani simpan pinjam modal untuk masyarakat,\" tegas Kadispenda.

Di bagian lain, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pengunjung pasar dan pedagang di Pasar DE Curup, pemerintah juga akan menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kompleks pasar serta WC umum.  \"Nanti ada tenaga medis dari Pukesmas Curup dilengkapi obat-obatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan pedagang, karena sehat itu penting bagi masyarakat untuk menjalani rutinitas berjualan,\" tegas Susilawati. Minat Pedagang Meningkat Sementara itu, pasca pembangunan gedung Pasar DE Curup pada tahun anggaran 2012 lalu, hari ini sejumlah pedagang sudah diperbolehkan menempati los terbuka dan los tertutup di pasar yang terletak di Kelurahan Jalan Baru tersebut.

Minat pedagang yang ingin berjualan di pasar DE juga mengalami peningkatan. Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Rejang Lebong Drs Muradi melalui Kabid Perindag Hasmir, SH kepada wartawan Minggu (6/1) menerangkan, jika sebelumnya hanya 96 pedagang yang berminat berjualan di Pasar DE, kini sudah lebih 200 pedagang yang berminat berjualan di pasar tersebut.  \"Minat pedagang meningkat lebih dari 100 persen, Alhamdulillah,\" terang Hasmir. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: