70 Ribu e-KTP Dibagikan

70 Ribu e-KTP Dibagikan

CURUP, BE - Meski gagal membagikan fisik elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) pada bulan Desember 2012 lalu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) berencana kembali membagikan fisik e-KTP pada bulan Januari 2013 ini. Kepala Dinas Dukcapil RL, Santoso, SH melalui Kabid Pendaftaran Penduduk Edi Herwan, SSos menerangkan, hingga Jum\'at (4/1) pihaknya sudah tuntas mencetak 70.596 fisik e-KTP di 15 kecamatan di Rejang Lebong. \"InsyaAllah bulan ini kita bagikan e-KTP yang sudah dicetak. Pembagian e-KTP perdana nanti akan diberikan kepada Bupati RL dan keluarga, serta anggota DPRD RL,\" kata Edi.

Edi mengakui, masih cukup banyak fisik e-KTP yang belum tuntas dicetak. \"Hingga saat ini pendataan penduduk elektronik masih dilakukan di sejumlah kantor kecamatan, meski masih cukup banyak warga yang belum mau melakukan pencatatan penduduk secara elektronik, kita harapkan sosialisasi di tingkat kecamatan, lurah dan desa terus dilakukan,\" ujar Edi.

Teknis pembagian e-KTP tersebut, sambung Edi, akan dilakukan dengan pendistribusian ke kantor kecamatan, kemudikan melalui kelurahan dan desa menginformasikan kepada masyarakat untuk melakukan pengambilan dan verifikasi e-KTP di kantor kecamatan. \"e-KTP diambil di kecamatan, untuk pencocokan data pemilik e-KTP, serta aktifasi,\" terangnya.

Kepemilikan e-KTP tersebut, akan sangat besar bermanfaat bagi masyarakat yang memiliknya, karena sebagai besar aktifitas administrasi kependudukan membutuhkan e-KTP.  \"Jadi akan sangat rugi jika ada masyarakat yang tidak memandang penting kepemilikan e-KTP ini. Karena itu kami sangat berharap warga yang belum melakukan perekaman data kependudukan segera mendatangi kantor kecamatan,\" pinta Edi. (999)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: