Pupuk Subsidi Aman

Pupuk Subsidi Aman

BINTUHAN, BE- Januari 2013 stok pupuk dijamin aman dan terkendali, sebab distributor yang telah menyalurkan pupuk bersubsidi untuk musim tanam kali ini.  Stok  pupuk bersubsidi tersebut antara lain jenis Urea ebanyak 179 ton, SP 36 sebanyak 502 ton, ZA 7,7 ton, NPK 90,4 Ton dan Poska 130 ton, stok pupuk ini untuk satu bulan kedepan. Dinas menyatakan tidak ada kelangkaan pupuk untuk bulan Januari. \"Jika ada kelangkaan maka laporkan kepada Dinas Pertanian, sehingga pihaknya bisa menindaklanjutinya,\" kata  Kadis Pertanian Asmawan SSos didampingi Kabid Sarana dan Pasarana Endi Yusrizal SP, kemarin.

Ia mengatakan jumlah pupuk tersebut sudah ada di kecamatan masing-masing yakni 15 kecamatan, sesuai jumlah  pupuk dengan luas area sawah. Jika pun ada kekurangan, kelompok tani bisa berkoordinasi dengan distributor yang sudah ditetapkan yakni di Nasal, Padang Guci dan Bintuhan. Tiga distributor tersebut sudah menyalurkan semua pupuk kepada pengecer. Dengan demikian tidak ada lagi kekurangan pupuk tersebut. \"Pihaknya tetap akan mengawasi distribusi pupuk bersubsidi ke petani, jika ada  penyelewengan maka akan segera disanksi,\" jelasnya.

Disisi lain, kebutuhan pupuk bersubsidi di kabupaten Kaur masih menunggu  Peraturan Gubernur (Pergub) Bengkulu,  sebelumnya ada 1.800 ton hal ini masih kekurangan sekitar 200 ton. Sehingga jika bisa Kaur membutuhkan 2.000 ton lebih pupuk bersubsidi. Namun itupun tergantung pihak Pupuk Sriwijaya (Pusri) sendiri berapa kebutuhan pupuk selama 2013 ini. \"Yang jelas biasanya bulan Februari jatah pupuk untuk Kabupaten sudah diketahui, namun itu  tergantung Pusri berapa jatah untuk Kaur. Namun jika bisa untuk wilayah Kaur ditambah dari jumlah  sebelumnya,\" harapnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: