Lamar PPP, Bando Optimis

Lamar PPP, Bando Optimis

\"RIO-BANDO

BENGKULU, BE - Bupati Kepahiang Dr H Bando Amin C Kader MM kemarin siang (4/2) mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Bengkulu ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). PPP merupakan partai keenam yang dilamar Bando, karena sebelumnya ia sudah mendaftar ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Nasdem, Demokrat dan PAN.

Sama seperti pendaftaran sebelumnya, kedatangan Bando ke DPW PPP yang terdapat di Tanah Patah Kota Bengkulu ini didampingi pasukannya dengan mengenakan baret merah dan baju loreng layaknya tentara Amerika. Kedatangan Bando pun diterima Ketua DPW PPP H. Jani Hairin SH dan Ketua Tim 7 Penjaringan Cagub PPP, Lopi Tarpika SE beserta sejumlah pengurus DPW PPP lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bando mengutarakan kedatangannya bertujuan untuk mendapatkan dukungan dari PPP agar mengusungnya sebagai calon Gubernur Bengkulu mendatang. Ia pun optimis akan mendapatkan dukungan dari PPP tersebut.

\"Saya datang ingin menjadi bagian dari PPP, saya menginginkan PPP mendukung kami karena secara emosional saya dengan PPP sangat dekat sekali, bahkan ketika saya maju pada periode pertama di Kepahiang diusung oleh PPP,\" ungkap Bando.

Tidak hanya itu, dihadapan petinggi PPP tersebut, Bando memaparkan visi dan misinya untuk membangun Provinsi Bengkulu ini. Menurutnya, konsep yang dimilikinya tidak muluk-muluk yakni menjadikan Provinsi Bengkulu terdepan dalam pengembangan industri dan pariwisata yang berbasis Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM).

\"Sumber Daya Alam kita sangat melimpah, seperti laut dan lahan kita masih luas. Karena itu saya memililiki program unggulan pengembangan Sengon, Imon atau talis Jepang dan Undang atau SIUDA,\" paparnya.

Bando juga mengaku prihatin dengan sistem perekonomian masyarakat di Provinsi Bengkulu saat ini yang sudah menjadi ekonomi kapitalis yang ditandai dengan semua lahan yang semestinya digarap oleh masyarakat malah dikuasai oleh perusahaan perkebunan besar. Sedangkan rakyat hanya diberikan upah sesuai dengan UMR kadangkala jauh dibawah UMR.

\"Mereka hanya mengeruk hasil bumi kita. Hal ini bertentangan dengan amanat undang-undang yang menyatakan bahwa bumi dan air dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Kalau seperti ini kejadiannya, bukan memakmurkan rakyat, tapi justri membiarkan rakyat hidup dalam kemiskinan berkelanjutan,\" terang bupati Kepahiang 2 periode ini.

Dengan kondisi ini, lanjutnya, masyarakat tidak boleh sakit dan tidak boleh menyekolahkan anaknya, karena untuk mempertahankan saja sangat sulit.

\"Kalau masalah prestasi,PPP tidak perlu ragu lagi, karen saya mau mencalonkan diri sebagai Gubernur bukan secara tiba-tiba atau dadakan, melainkan sudah saya siapkan sejak 20 tahun yang lalu,\" imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPW PPP H. Jani Hairin SH mengatakan, Bando adalah bakal calon yang pertama mendaftarkan ke PPP sejak dibuka 2 Februari lalau dan pihaknya menerima dengan senang hati. PPP sendiri memiliki 3 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, sehingga mau tidak mau harus berkoalisi dengan partai lain agar memenuhi syarat 9 kursi untuk bisa mengusung calon gubernur.

\"PPP adalah partai yang terakhir membuka pendaftaran, karena kami menyesuaikan dengan tahapan yang dilakukan KPU. Pendaftaran bakal cagub di PPP ini akan dibuka hingga 21 Februari mendatang dan setelah itu kami melakukan tahapan berikutnya,\" terangnya.

Dibagian lain, Ketua Tim 7 Penjaringan Cagub PPP, Lopi Tarpika SE mengutarakan bahwa pihaknya belum berani menjamin PPP akan diserahkan kepada Bando, sebab sesuai dengan mekanisme partai semua kandidat harus melalui tahapan seleksi, yakni verifikasi berkas pendaftaran, fit and proper test dan berdasarkan hasil survei.

\"Survei itu untuk melihat elektabilitas dan peluang calon akan dipilih masyarakat, sedangkan fit and proper tes bertujuan untuk mengetahui visi dan misi calon, komitmen terhada partai dan persiapannya untuk menghadapi pertarungan,\" terangnya.

Ditanya mengenai arah koalisi, Lopi enggan menyebutkannya. Ia hanya mengatakan sejauh ini pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai, namun belum ada kata final. \"Partainya belum bisa saja sebutkan, yang jelas kami sudah menjalin komunikasi dengan partai. Kami juga tidak fokus ingin berkualisi dengan partai yang menjadi bagian KMP atau KIH saja, melaikan kami akan berkoalisi dengan partai apa saja, asalkan ada kecocokan,\" pungkasnya.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: