Rejang Lebong Tetapkan HET Elpiji 3 Kg

Rejang Lebong Tetapkan HET Elpiji 3 Kg

CURUP, BE - Untuk mengantisipasi perbedaan harga jual gas ukuran tiga kilogram. Pemerintah Rejang Lebong menetapkan harga eceran tertinggi (HET) di Kabupaten Rejang Lebong.

Penetapan HET sendiri dilakukan dengan melalui rapat dengan dinas isntansi terkait. Dalam rapat yang digelar di ruang rapat Bupati Rejang Lebing disepakati HET Elpiji 3 Kg di Rejang Lebong.

Penetapan HET ini disesuaikan dengan letak kecamatan yang ada di Rejang Lebong. Berdasarkan hasil rapat disepakati HET untuk wilayah kecamatan yang ada di dalam Kota Curup HET sebesar Rp 17 ribu. berkisar Kemudian kecamatan lainnya antara Rp 17.500 hingga Rp 18 ribu pertabung.

\"Dengan adanya penetapan HET ini sehingga tidak ada perbedaan harga yang mencolok dan melebih dari HET yang ditetapkan,\" jelas Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Rejang Lebong, Endang Usmansyah.

Menurut Endang, pmberlakuan HET setelah ada surat keputusan bupati Rejang Lebong tentang penetapan HET. Untuk mempercepat keluarnya SK bupati tersebut pihaknya akan segera mengajukan ke Bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM.

Terkait dengan adanya penetapan HET Elpiji 3 Kg ini, Ketua Komisi II DPRD Rejang Lebong Wahono meminta pihak terkait untuk melakukan pendataan terhadap njumlah pangkalan yang ada.

\"Dengan adanya data jumlah pangkalan kita bisa dengan mudah melakukan pemantauan dan tidak melebihi dari harga yang telah kita tentukan,\" jelas Wahono.

Wahono mencontohkan seperti pada penjualan pupuk bersubsidi. Karena adanya pendataan yang lengkap sehingga penjualan bisa dipantau dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Wahono juga mengakui bila selama ini pihaknya banyak menerima keluhan masyarakat terkait tingginya harga eceran Elpiji 3 Kg di Rejang Lebong. Menurut Wahono adanya protes dari warga karena harga jual melebihi dari ketentuan yang berlaku.

Di sisi lain, Wakil Bupati Rejang Lebong, Syafewi, yang ikut hadir dalam rapat berharap dengan adanya HET ini bisa menyeragamkan harga elpiji 3 Kg di Kabupaten Rejang Lebong. Karena Wabup juga mengakui selama ini harga jualnya bervariasi meskipun masih dalam wilayah Kota Curup.

\"Adanya variasi harga juga dipicu karena ada pengecer yang menjual ke pengecer lainnya, sehingga harganya bisa mencapai Rp 20 ribu,\' jelas Wabup.

Berdasarkan hasil rapat ini diketahui HET gas tiga kilogram dibagi dalam beberapa area. Untuk area Kota Curup yang terdiri atas 5 kecamatan yaitu Kecamatan Curup, Curup Timur, Curup Selatan, Curup Utara, dan Curu Tengah HETnya sebesar Rp 17 ribu pertabung. Sedangkan untuk wilayah Selupu Rejang, Bermani ULu, Bermani Ulu Raya dan Sidang Kelingi HETnya sebesar Rp 17.500 dan yang terakhir untuk wilayah Lembak HETnya sebesar Rp 18 ribu. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: