Poktan Terima 50 Handtraktor

Poktan Terima  50 Handtraktor

BINTUHAN, BE-  Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) menyalurkan 50 unit handtraktor Kabupaten Kaur, bantuan ini berdasarkan dari permohonan masyarakat, baik secara kelompok maupun desa. Namun pihak pertanian mengupayakan dengan proposal ke KPDT. Akhirnya KPDT menyetujui proposal tersebut dengan membantu sebanyak 50 unit Handtraktor.  \"Saat ini alat tersebut sudah sampai tinggal menunggu penyaluran. Kita berharap penyaluran dapat segera dilakukan. Sehingga dapat mengurangi kebutuhan alat pengolahan sawah,\" ujar Kadis Pertanian Asmawan SSos,  kemarin.

Asmawan mengatakan, untuk penyaluran Handtraktor tersebut, saat ini pihaknya masih menunggu hasil evaluasi proposal kelompok tani di Bappeda. Hingga saat ini, proposal yang telah masuk mencapai 150 kelompok tani, sehingga perlu dilakukan evaluasi dan penyaringan dengan baik. \"Tentunya Handtraktor ini diberikan kepada kelompok tani yang  memiliki area sawah, namun jika tidak ada area sawah bisa juga untuk perkebunan khusus palawija, namun harus dilakukan survei dilapangan terhadap kelompok tani,\" jelasnya.

Karena jika tidak dilakukan survei, kata Asmawan, banyaknya kelompok tani siluman sehingga menginginkan bantuan. Namun lokasi lahan untuk bertani tidak ada, hal ini akan dilakukan penyaringan secara selektif. Sehingga bantuan tersebut tidak salah sasaran. \"Nantinya tim yang akan turun kelapangan mengecek keberadaan  kelompok tani, apakah ada atau tidak kemudian luas area yang dimiliki  oleh kelompok tersebut berdasarkan proposal yang masuk.\" jelasnya.

Sementara itu, jika kelompok tani tersebut sesuai dengan hasil penyaringan melebihi kapasitas, maka hand tractor tersebut akan diusulkan kembali. Memang sebanyak 50 unit tersebut tentunya sangat kurang. Namun pihaknya berharap yang belum mendapatkan jangan pisimis hal ini akan diupayakan kembali. \"Memang sesuai hasil pengkajian akan ada lebih 50 kelompok tani  produktif di Kaur ini, jelas hal ini akan kekurangan. Namun yang  pastinya bantuan tersebut tidak akan melenceng dari jalurnya,\" pungkasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: