Ichwan Yunus Targetkan Diusung 3 Partai Besar

Ichwan Yunus Targetkan Diusung 3 Partai Besar

BENGKULU, BE - Bupati Mukomuko Drs H Ichwan Yunus CPA MM kemarin siang, resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur ke Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Bengkulu.  Ichwan Yunus yang juga Ketua DPC PAN Mukomuko ini sebagai pendaftar pertama sejak pendaftaran resmi dibuka oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Bengkulu.

Kedatangan Ichwan ini diterima oleh Ketua Tim 5 Penjaring Bakal Calon Gubernur PAN, Abdul Goni SSos yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPW PAN Provinsi Bengkulu.

\"Kami datang menyerahkan formulir pendaftaran  untuk mendapatkan dukungan dari PAN. Kami percaya PAN akan mengusung saya bahwa sebagai putra daerah saya merasa terpanggil secara moral untuk membangun Provinsi Bengkulu selama 5 tahun kedepan,\" kata Ichwan.

Ia mengungkapkapkan, untuk saat ini setidaknya sudah ada 7 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang sudah memberikan dukungan kepada dirinya untuk mencalonkan diri sebagai gubernur Bengkulu. Ketujuhnya adalah  DPD Rejang Lebong, Lebong, Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Bengkulu Utara dan Mukomuko. Hanya yang ikut mengantarkan Ichwan mendaftar tersebut hanya 5 Ketua DPD.

\"Sebenarnya sudah ada 7 DPD yang memberikan dukungan kepada saya untuk maju pada Pilgub ini. Selain itu saya juga menargetkan mendapatkan 3 partai besar, yakni PAN, Demokrat dan Gerindra,\" ungkap Ichwan.

Ia pun optimis akan mendapatkan ketiga partai yang memiliki 15 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu tersebut, sebab selama ini ia mengaku memiliki hubungan yang baik dan terus menjalin komunikasi dengan ketiga partai itu.

\"Kita terus berkomunikasi, mudah-mudahan terwujud,\" ucapnya.

Terkait dukungan dari 7 DPD PAN tersebut, menurutnya, dukungan tersebut merupakan modal yang dimilikinya untuk mendapatkan perahu PAN, karena seleksi nantinya bukan berdasarkan hasil fit and proper pert, melainkan road show paling sedikit ke 5 DPD kabupaten/kota.

\"Kita sudah ada modalnya, tinggal mencari tambahnya,\" imbuhnya.

Selain mendapatkan dukungan dari DPW PAN Provinsi Bengkulu, Bupati Mukomuko 2 periode ini juga optimis akan mendapatkan restu dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN. Namun ia tetap akan mekanisme penentuan calon yang dilakukan, yakni melalui survei dan uji kepatutan dan kelayakan.

Sementara itu, Ketua Tim 5 Penjaringan Balon Gubernur PAN, Abdul Goni mengatakan bahwa tugas tim 5 hanya mendapatkan 2 bakal calon. Selanjutnya 2 nama tersebut akan diserahkan kepada partai untuk mendapatkan penilaian dari pengurus partai, seperti Ketua, Sekretaris dan pengurus lainnya.

\"Kita akan mengerucutkan menjadi 2 nama saja, setelah itu prosesnya ada di partai,\" ungkapnya.

Terkait peluang Ichwan Yunus, Abdul Goni juga mengaku Ichwan Yunus memiliki peluang yang cukup besar, karena Ichwan sendiri merupakan kader PAN dan sudah membesarkan PAN di Kabupaten Mukomuko.

Mengenai tahapan penentun balon selanjutnya, Abdol Goni mengaku pihaknya tidak melakukan fit and proper tes seperti yang dilakukan partai lainnya. Semua balon gubernur dari PAN hanya melaksanakan road show atau mendatangi DPD di kabupaten/kota minimal 5 DPD.  Kadatangan tersebut bertujuan untuk melihat sejauh mana dukungan DPD terhadap balon tersebut.

\"Saat road show nanti, kandidat bisa menentukan waktu dan memilih DPD mana yang akan ia kunjungi. Dan kita dari tim 5 siap memfasilitasinya,\" imbuhnya.

//Pengambilan Formulir Ditutup Disisi lain, Abdul Goni menjelaskan bahwa pengambilan formulir pendaftaran sudah ditutup sejak pukul 00.00 Jumat, kemarin. Bagi calon kandidat yang belum mengambil formulir dipastikan tidak bisa lagi dan tidak bisa pula mengikuti seleksi.

\"Yang sudah mengambil formulir ada 8 orang, mereka adalah Sultan B Najamudin, Yurman Hamedi, Asnawi A Lamat, Ridwan Mukti, Bando Amin, Suherman, Imron Rosyadi dan Ichwan Yunus.

Sedangkan calon lain seperti Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah hingga ditutup malam kemarin tidak mengambil formulir, dan secara otomatis yang bersangkutan tidak bisa mendaftar ke partai kami,\" tegasnya.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: